AturUang

Dukung Pelaku UMKM, Gojek Hadirkan Aplikasi GoFood Merchant

Dukung Pelaku UMKM, Gojek Hadirkan Aplikasi GoFood Merchant

MOMSMONEY.ID - Gojek, unit bisnis on-demand dari Grup GoTo, hadirkan aplikasi GoFood Merchant dengan wajah baru untuk Mitra Usaha GoFood yang sebelumnya bernama GoBiz. Peluncuran aplikasi GoFood Merchant disertai dengan beragam inovasi untuk semakin mendukung pelaku usaha kuliner online agar semakin naik kelas melalui teknologi yang lebih andal, efisien, dan sesuai kebutuhan bisnis saat ini.

Head of Food, Ads, and Merchants Gojek, Sovan Kumar Ganguly mengatakan “Pemanfaatan teknologi menjadi kunci yang mendorong pertumbuhan para Mitra Usaha di GoFood. Sejak 2018, aplikasi yang sebelumnya dikenal dengan nama GoBiz ini telah membantu jutaan Mitra Usaha untuk beradaptasi dengan teknologi digital dan memudahkan pengelolaan operasional bisnis. Pembaruan aplikasi GoBiz menjadi GoFood Merchant menandai konsistensi kami dalam menghadirkan #JalanPintarJualan melalui inovasi teknologi dari waktu ke waktu.“

Dengan tampilan baru, aplikasi GoFood Merchant dibekali dengan berbagai pengembangan terkini yang telah ada di versi sebelumnya. Tiga pilar utama pengembangan meliputi: 

1.           Operasional: Fitur “Kelola Menu Sekaligus” memberikan kemudahan dan kepraktisan Mitra Usaha GoFood yang memiliki lebih dari satu outlet (multi-outlet) mengedit dan mengunggah menu secara masal. Mitra Usaha GoFood juga dapat menambahkan outlet baru dan mengubah informasi outlet secara mandiri di dalam aplikasi GoFood Merchant.

2.           Pengelolaan Keuangan: Pengawasan usaha yang lebih baik lewat pencairan dana dan laporan penjualan harian. Fitur ini membantu para Mitra Usaha untuk mengelola keuangan secara lebih efektif khususnya bagi yang baru membangun usahanya.

3.           Pengelolaan Promo dan Iklan: Ragam promo dan iklan GoFood memberi fleksibilitas bagi Mitra Usaha dalam menentukan anggaran dan jenis promo yang sesuai. Lewat dukungan teknologi dan fitur Promo Rekomendasi berbasis machine learning, Mitra Usaha juga dibantu menyusun strategi yang lebih tepat sasaran. Semua penawaran telah dikurasi oleh tim GoFood untuk hasil optimal dan eksposur maksimal.

Gojek juga berkomitmen untuk mendukung lebih banyak pelaku usaha kuliner untuk tumbuh dan berkembang. Kini, pendaftaran Mitra Usaha GoFood bisa dilakukan dalam waktu kurang dari 5 menit. Meski prosesnya mudah dan cepat, Gojek tetap memastikan keaslian data pemilik usaha melalui sistem verifikasi identitas yang sesuai standar industri. Dengan cara ini, GoFood tetap aman diakses oleh pelaku usaha kuliner, termasuk UMKM, yang ingin menjangkau jutaan pelanggan secara digital.

Heru Dwi Soesilo, pemilik usaha 2080 Burger, berbagi pengalamannya membangun usaha secara digital dengan dukungan aplikasi GoFood Merchant sejak 2020.

"Dulu saya hanya mengelola satu outlet dengan dua karyawan—sekarang usaha saya sudah berkembang menjadi 6 outlet dengan 50 karyawan di Jakarta dan Bali. Tampilan aplikasi yang mudah dipahami memudahkan operasional sehari-hari dan membantu saya belajar banyak hal baru, termasuk mengatur promo dan pasang iklan yang kini jauh lebih praktis. Semua outlet pun bisa saya kelola dengan mudah berkat aplikasi GoFood Merchant,” jelas Heru.

Selanjutnya: Petronas Berencana Menjual Anak Usaha Migas di Kanada Senilai US$ 7 Miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News