Santai

Dukung Pariwisata Berkelanjutan, tiket.com Hadirkan Fitur Tiket Green

Dukung Pariwisata Berkelanjutan, tiket.com Hadirkan Fitur Tiket Green

MOMSMONEY.ID - tiket.com, salah satu online travel agent (OTA) yang ada di Indonesia, memperkenalkan fitur terbarunya yakni tiket Green. Fitur ini akan mengkurasi pilihan akomodasi yang mengusung konsep keberlanjutan (sustainability).

Gaery Undarsa, Co-Founder &Chief Marketing Officer, tiket.com menjelaskan, peluncuran fitur ini merupakan salah satu upaya tiket.com dalam mendukung pariwisata berkelanjutan. Menurutnya,penting untuk mendorong wisata berkelanjutan, mengingat sektor pariwisata turut memberikan sumbangan pada emisi gas karbon di dunia.

"Saya rasa, ini adalah salah satu bagian dari kewajiban kami, agar kami bisa membantu customer untuk bisa melakukan pilihan yang lebih tepat," ujar Gaery, dalam konferensi pers Peluncuran tiket Green, Senin (22/4)

Bukan hanya itu, dengan langkah ini diharapkan pun mereka bisa memberikan masukan kepada para mitranya bagaimana untuk menerapkan wisata berkelanjutan yang lebih baik.

Cisyelya Bunyamin, SVP of Accomodation tiket.com juga mengatakan bahwa akomodasi turut memainkan peran yang penting dalam mendukung pariwisata berkelanjutan.

Sejauh ini, tiket.com telah menyediakan lebih dari 5.400 pilihan akomodasi di seluruh dunia yang sudah menerapkan sustainable tourism, dimana dari jumlah tersebut ada 700 pilihan akomodasi di Indonesia dan Asia Tenggara.

Baca Juga: Hati-hati! Begini Ciri-ciri Usus Buntu dari yang Umum sampai Parah

Menurut Cisyelya, daerah wisata di Indonesia, yang mengadopsi pariwisata berkelanjutan tersebut seperti Bali, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat juga dikenal luas dengan beragam opsi akomodasinya yang ramah lingkungan.

"Kami mau mengajak terus mitra akomodasi kami supaya lebih aware dan menerapkan pariwisata berkelanjutan," kata Cisyelya.

 Dia juga menjelaskan bahwa tiket Green ini memiliki kriteria dan indikator, untuk memastikan mitra akomodasi dapat memenuhi standar berkelanjutan. 

Lantas seperti apa menggunakan fitur tiket Green ini? 

Anda hanya perlu masuk ke aplikasi atau situs web tiket.com, lalu mencari tanda tiket Green saat memfilter akomodasi di bagian fasilitas.

Selanjutnya, Anda bisa memilih opsi yang sesuai dengan preferensi Anda. Selain itu, tanda tiket Green juga dapat ditemukan di bagian bawah setiap gambar dan harga akomodasi.

Sementara itu, jaringan hotel Archipelago International turut menyambut baik inisiatif tiket.com ini.

"Inisiatif ini dapat membuka pintu bagi masyarakat untuk lebih memahami opsi-opsi akomodasi berkelanjutan yang ditawarkan dengan fasilitas terbaik. Tak hanya itu, tiket Green juga memberi kesempatan yang sama bagi semua orang untuk ikut berkontribusi dalam menerapkan praktik green travel dengan lebih maksimal,” kata Chief Executive Officer, Archipelago International John Flood.

Adapun, berdasarkan hasil survei dalam Outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2023/2024 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) juga menunjukkan bahwa sebanyak 56,76% pakar memprediksi pariwisata berkelanjutan sebagai salah satu tren pariwisata pada 2023-2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News