Bugar

Dukung Olahraga Skateboard Lewat Kompetisi Jasjus

Dukung Olahraga Skateboard Lewat Kompetisi Jasjus

MOMSMONEY.ID - Layaknya olahraga lain, skateboard merupakan salah satu jenis olahraga ekstrem yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Hal ini diungkapkan Ketua Komisi Indonesia Skateboard Antony Adam Caya. Menurut Antony, skateboard baik bagi tumbuh kembang anak karena melatih otot kaki, keseimbangan, dan membangun rasa percaya diri.

"Untuk usia dini bisa dimulai umur 3 tahun yang dipantau dengan pelatih professional dan orangtua. Selanjutnya untuk usia 15 tahun bisa mengikuti kelas dan seleksi kejuaraan,” ujarnya di peluncuran Jasjus Cincau di Jakarta beberapa hari lalu.

Tak sekadar memberi manfaat bagi kesehatan tubuh, Antony melihat, skateboard bisa menjadi wadah untuk anak dan remaja menjadi ambassador brand tertentu di dunia lewat berbagai kompetisi.

Salah satunya, Jasjus Skate Seru. Kompetisi skateboard ini melibatkan anak muda untuk berani mengekspresikan diri dan menunjukkan trik-trik gokil bermain skateboard yang mereka miliki.

Baca Juga: 5 Manfaat Skateboard, Olahraga Ekstrem di Kalangan Anak Muda

Terdapat enam kategori peserta pada kompetisi ini yang di antaranya dibuka untuk U-10 Woman, U-10 Men, U-15 Woman, U-15 Men, U-21 Men, dan Female Open.

Kualifikasi peserta diadakan pada 13 dan 14 Januari 2024 lalu di Bintaro sebagai seleksi untuk bertanding di tahap final Jasjus Skate Seru.

Antony pun mengapresiasi terselenggaranya kompetisi tersebut. Bagi Antony, banyak talenta anak muda yang memang layak didukung untuk bisa terus maju bertanding.

"Adanya Jasjus Skate Seru ini patut diapresiasi karena sudah membuka kesempatan sebagai jalur tambahan untuk mengirim mereka ke ajang bergengsi Kejurnas Skateboard 2024," ujarnya.

"Sejak ditetapkan sebagai cabang olahraga di Indonesia pada 2018, skateboard terus berkembang karena terlihat dari pertumbuhan komunitas dan wadah berlatih seperti skate school dan sarana skate park," kata dia.

Basral Graito, atlet skateboard muda kebanggaan Indonesia, membagikan pengalamannya dan tips andal bermain skateboard kepada para peserta.

Baca Juga: Jasjus Luncurkan Varian Rasa Baru, Turut Gandeng Pecinta Skateboard

Sejak 2016, Basral mengaku mulai main skateboard karena ada ketertarikan dengan olahraga yang menantang dan rasa penasaran untuk eksplorasi berbagai trik-trik skateboard.

"Dari rasa ketertarikan tersebut, saya selalu belajar mencoba trik baru dan konsisten untuk meningkatkan skill," ungkap Basral.

Dirinya pun membagi tips andal bermain skateboard. Pertama, punya niat dan kemauan untuk mempelajari skateboard. Kedua, perbanyak berlatih dengan teman-teman di komunitas dan tempat-tempat baru untuk saling sharing sesama skater.

Ketiga, konsisten mengulik dan menghafal trik-trik skateboard yang ingin dicoba untuk mengasah keterampilan. Dan terakhir atau keempat, pelajari cara jatuh agar meminimalisir efek cidera.

The Budi Santoso, Marketing Manager Powdered Drink Category WINGS Food, mengaku bangga dapat berkolaborasi dengan atlit maupun pemain skateboard di kompetisi Jasjus Seru.

Sama dengan skateboard yang gemar eksploratif, Jasjus, Budi bilang, juga suka eksplor rasa minuman yang dipasarkan ke masyarakat.

"Sebagai minuman serbuk favorit masyarakat, Jasjus berkomitmen untuk terus menghadirkan minuman segar yang bisa dinikmati semua kalangan," kata Budi.

Sekadar informasi saja, rangkaian final Jasjus Skate Seru meliputi kegiatan fingerboard exhibition, coaching clinic dari Basral Graito yang pernah memenangkan medali perak pada cabang olahraga skateboard di ajang SEA Games 2019 Filipina.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News