BisnisYuk

Dorong UMKM Lokal Maju, Shopee Hadirkan Fitur Pilih Lokal

Dorong UMKM Lokal Maju, Shopee Hadirkan Fitur Pilih Lokal

MOMSMONEY.ID - Tak dipungkiri lagi, pesatnya perkembangan teknologi dan transformasi digital mendorong pilihan produk lokal semakin mendapat perhatian yang serius. Untuk terus mendukung ekosistem UMKM dan mendorong perkembangan bisnis lokal di Indonesia, inisiatif "Shopee Pilih Lokal" hadir menjadi salah satu pilar utama Shopee sekaligus bentuk komitmen yang kuat terhadap pertumbuhan ekonomi domestik.

Fitur Shopee Pilih Lokal telah berhasil menarik lebih dari 29 juta pengunjung selama paruh pertama tahun 2024, dan telah menjadi ruang istimewa pengguna dalam mencari beragam koleksi produk-produk lokal favorit yang unggul dan berkualitas.

Tidak hanya pintu bagi para pelaku usaha UMKM dan brand lokal untuk mendapatkan eksposur yang lebih luas, tetapi juga dukungan dalam memperkuat brand awareness mereka di tingkat nasional

Monica Vionna, Director of Marketing Growth Shopee Indonesia mengatakan semester awal ini Shopee dapat berkontribusi menciptakan pasar yang positif, bahkan tidak hanya kepada para pelaku usaha lokal di pusat-pusat perkotaan. Para UMKM dan brand lokal yang berdomisili di daerah-daerah seperti Kabupaten Klaten, Pandeglang, dan Mojokerto termasuk ke dalam daerah dengan peningkatan transaksi tertinggi di tahun ini.

"Hal ini menunjukkan bagaimana pelaku usaha lokal dari berbagai daerah memanfaatkan Shopee sebagai mitra yang kuat untuk menciptakan bisnis yang berkesinambungan dan penetrasi pasar digital yang inklusif," kata Monica dalam keterangan yang diterima Momsmoney.

Baca Juga: Kisah Pemilik Label Careso Pasarkan Produk di Shopee

Animo pengguna Shopee di berbagai pulau Indonesia dalam berburu produk incaran juga terlihat dari tren produk lokal paling dicari. Jika dilihat dari sudut pandang geografis dan terbagi berdasarkan letak wilayah dan waktu.

1. Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB): Sumatera hingga Jawa

Dimulai dari ujung Barat Indonesia, berbagai produk Fashion seperti Celana Perempuan, dan Batik menjadi ragam produk lokal yang paling banyak dibeli masyarakat seiring pesatnya perkembangan tren fashion di dua pulau ini. Menariknya, kuliner khas seperti cemilan Keripik Pisang dari kategori Food & Beverage tak kalah ketinggalan mendominasi produk terlaris di tahun ini.

2. Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA): Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Kepulauan Nusa Tenggara

Beralih ke sisi Tengah Indonesia, sebagai pulau-pulau yang terkenal dengan tempat wisatanya, produk dari kategori Kecantikan seperti Sunscreen menjadi produk paling dicari oleh masyarakat saat ini. Sepertinya tengah tahun ini memang menjadi waktu terbaik untuk menyambut musim liburan, karena produk dari kategori Fashion dan Aksesoris, seperti Sandal dan Kacamata juga menjadi daftar pencarian tertinggi.

3. Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT): Maluku & Papua

Mengikuti kemajuan era digital saat ini, kebutuhan akan produk berteknologi tinggi dari kategori Handphone dan Aksesoris seperti Case HP menjadi produk yang paling dicari masyarakat di pulau yang berada di ufuk Timur Indonesia. Tak ketinggalan, kebutuhan Home & Living, seperti Rak Piring dan Gorden untuk Jendela turut menjadi daftar produk yang paling dicari di pertengahan tahun ini.

Tidak hanya dalam negeri, demi meraih pangsa pasar global melalui digital yang inklusif, Shopee juga menghadirkan layanan yang terintegrasi lewat Program Shopee Ekspor di mana lebih dari 26 juta produk lokal telah diekspor ke berbagai negara. Tak berhenti di situ, pencapaian positif ini terus berlanjut di awal 2024 dengan peningkatan transaksi produk yang diekspor melonjak lebih dari 2 kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Baca Juga: Kiat Sukses Pebisnis Sepatu Lokal Dushishoes Berjualan Lewat Shopee Live

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News