Keluarga

Desain Checkerboard Kembali Jadi Tren, Ini Ide Dekorasinya

Desain Checkerboard Kembali Jadi Tren, Ini Ide Dekorasinya

MOMSMONEY.ID - Checkerboard adalah pola yang bertahan sejak lama. Motif ini mengingatkan pada motif papan catur. Menariknya, desain checkerboard bakal jadi tren lagi, lo.

Jika motif checkerboard beberapa tahun lalu populer digunakan pada baju dan sepatu, kini pola papan catur juga bakal ngetren digunakan pada cat dinding, walpaper, dan keramik. 

Lantai checkerboard sebenarnya sudah populer sejak masa Renaissance di Eropa. Pola checkerboard paling populer adalah kotak kecil berwarna hitam dan putih.

Namun, popularitas checkerboard sempat turun digantikan warna-warna solid dan lantai kayu.

Namun, hari ini, pola kontras tersebut kembali mempertegas kehadirannya dengan variasi desain elemenyang lebih luas. Menawarkan tampilan retro dan tradisional. 

Baca Juga: Valspar’s Prediksi Tren Warna Cat Dinding 2024 Jatuh pada Biru Terang

"Kebangkitan kembali motif kotak-kotak ini adalah contoh bagus bagaimana tren fesyen meresap ke dalam interior," ungkap Senior Manager Merchandising Spoonflower Emerson Jones, dilansir dari Better Homes & Gardens. 

Selama beberapa tahun terakhir, Gen Z menghidupkan kembali mode fesyen di akhir 1990-an hingga awal 2000-an. Termasuk, motif kotak-kotak alias checkerboard yang biasanya diasosiasikan dengan sepatu skate.

Tapi, kali ini, checkerboard telah diperbaharui dengan pilihan warna yang segar menjadi lebih psikedelik. 

Motif checkerboard adalah motif abadi dalam dekor dan desain selama berabad-abad. Raanya seperti pilihan yang aman dan penuh nostalgia di saat dunia penuh ketidakpastian.

Checkerboard seperti polkadot memiliki keunikan, memperkenalkan perasaan senang, imajinatif dan visual yang menarik tanpa terlalu berlebihan dan rumit. 

Baca Juga: Warna yang Bakal Ngetren di 2023: Cracked Pepper dari Behr

Bagaimana mendekorasi dengan checkerboard?

Hadirkan dalam ubin kotak-kotak

Checkerboard adalah pola kotak yang tidak lekang oleh waktu dan klasik. Keabadian dan klasik adalah dua tampilan yang paling banyak dimina klien saat mendesain ruangan mereka. 

Penggunaan paling populer ubin kotak-kotak checkerboard adalah di lantai dapur dan ruang cuci. Checkerboard membuat ruangan yang menjemukan jadi terasa menyenangkan.

Selain itu, checkerboard juga cocok digunakan di jalanan masuk kemudian dipadukan dengan ubin granit hitam dan marmer putih. 

Tapi, jangan buat pilihan terbatas untuk checkerboard. Pola ini juga cocok untuk backsplash dapur Anda dengan ukuran kotak yang lebih kecil dan warna yang lebih terang. 

Baca Juga: Simak Cara Mengecat Rumah dengan Warna Netral

Checkerboard dengan pilihan warna selain putih hitam

Pola checkerboard adalah pola yang menyenangkan dan bisa digunakan di semua ruangan. Pola ini juga secara visual memperluas ruangan kecil dan menambahkan pesona di ruangan yang besar.

Gunakan warna checkerboard di ruangan anak-anak atau ruangan keluarga bahkan dapur. 

Moms juga bisa meletakan pola checkerboard di dinding kamar tidur. Kemudian padukan dengan motif sederhana lainnya untuk menciptakan suasana bloking warna. Anda juga bisa memadukan dengan pola retro yang memberi semangat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News