Santai

DAMRI Hadirkan Crew on Bus di Imperial Suites, Ini Tugasnya

DAMRI Hadirkan Crew on Bus di Imperial Suites, Ini Tugasnya

MOMSMONEY.ID - Bus double decker DAMRI Imperial Suites meluncur sejak Februari 2024 lalu. Bus yang beroperasi pada rute Jakarta-Surabaya-Malang PP inidilengkapi berbagai fasilitas tambahan, termasuk crew on bus.

"DAMRI menghadirkan crew on bus untuk menambah kenyamanan pelanggan Imperial Suites selama perjalanan," ujar Corporate Secretary DAMRI Chrystian R. M. Pohan dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/5).

Terdapat satu crew on bus yang melayani Imperial Suites setiap perjalanannya. Mereka dilengkapi dengan seragam atasan berwarna navy dan celana berwarna khaki yang didesain untuk memfasilitasi gerak crew on bus agar fleksibel dan cekatan.

Lantas apa yang dilakukan para crew on bus Imperial Suites?

Crew on bus pada Bus Imperial Suites DAMRI bertugas selayaknya pramugara atau pramugari pada moda transportasi lainnya.

Mulai dari titik keberangkatan, crew on bus memastikan penumpang hadir sesuai manifest. Setelah itu, bagasi setiap pelanggan diberikan label bagasi agar tidak tertukar dengan bagasi pelanggan lainnya.

Baca Juga: Kanal Baru, Kini Tiket Bus Damri Bisa Dibeli Melalui Aplikasi Citilink

Sebelum perjalanan, crew on bus memastikan fasilitas dalam armada berfungsi dengan baik dan dalam keadaan bersih. 

Selama perjalanan yang memakan waktu sekitar 10 jam sampai Surabaya dan 12 jam sampai titik akhir Malang, crew on bus membantu pelanggan kelas Sleeper dengan menyiapkan minuman, seperti teh atau kopi sesuai permintaan.

Untuk pelanggan kelas Royal, Crew on Bus menginformasikan ketersediaan mini bar di armada.

"Selama perjalanan, crew on bus juga rutin melakukan pengecekkan setiap kabin apabila ada pelanggan yang membutuhkan bantuan," kata Pohan.

Nah, begitu tiba di tujuan akhir, crew on bus membantu pelanggan turun serta memastikan mereka tiba di tujuan yang tepat dan menerima bagasi yang sebelumnya telah diberi label.

Para crew on bus Imperial Suites pun dipastikan telah dibekali oleh pengetahuan terkait pelayanan dan keselamatan. Misalnya, bagaimana cara berinteraksi dengan pelanggan dengan baik dan memastikan bahwa seluruh pelanggan telah duduk sesuai nomor kursi dan mengenakan sabuk pengaman.

Baca Juga: Liburan di Yogyakarta Naik KSPN DAMRI, Ini Rute dan Tarifnya

"Semuanya dilakukan untuk memastikan bahwa setiap perjalanan Imperial Suites berjalan dengan aman dan nyaman," kata Pohan.

Masyarakat yang ingin mencoba Bus Imperial Suites DAMRI, tiket dapat dipesan melalui aplikasi DAMRI Apps. Kemudian, memilih titik keberangkatan Pool DAMRI Kemayoran untuk keberangkatan dari Jakarta menuju Surabaya atau Malang, dan Pool DAMRI Malang atau Terminal Bungur Asih untuk keberangkatan menuju Jakarta.

Bus Double Decker DAMRI ditandai dengan jadwal Imperial Sleeper untuk kabin sleeper dan Imperial Royal untuk kabin Royal.

Tarif normal yang berlaku untuk layanan Bus Double Decker DAMRI adalah Rp 610.000 untuk kelas Sleeper dan Rp 510.000 untuk kelas Royal pada rute Jakarta-Surabaya PP dan Rp 640.000 untuk kelas Sleeper dan Rp 540.000 untuk kelas Royal pada rute Jakarta-Malang PP. 

Bus Imperial Suites berangkat dari Jakarta dan Malang pukul 18.00 WIB, serta pukul 20.00 WIB dari arah Surabaya menuju Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News