Santai

Daftar Tanaman Herbal Bisa Ditanam di Dapur Tanpa Menggunakan Tanah

Daftar Tanaman Herbal Bisa Ditanam di Dapur Tanpa Menggunakan Tanah

MOMSMONEY.ID - Menanam tanaman herbal di air merupakan salah satu cara yang paling mudah dan hemat biaya. Ada beberapa daftar tanaman herbal bisa ditanam di dapur berikut ini.

Tanaman herbal bisa ditanam di dapur berikut ini tidak membutuhkan tanah. Anda dapat menanamnya menggunakan air. 

Anda dapat dengan mudah menanam rempah populer seperti daun mint, kemangi, dan daun bawang tanpa tanah, dan yang Anda butuhkan untuk memulai hanyalah gunting dan wadah berisi air.

Baca Juga: Daftar Bahan Herbal untuk Mengobati Batuk

Herba merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah beradaptasi dengan gaya pertumbuhan ini. 

Bahkan, dengan perawatan yang tepat, tanaman ini dapat tumbuh lebih cepat daripada tanaman yang ditanam di tanah karena akses yang mudah terhadap kelembapan dan nutrisi. Dengan cara ini, Anda dapat menyimpan herba di dapur sepanjang tahun.

Metode ini juga membutuhkan lebih sedikit air, ruang, dan perawatan daripada berkebun di tanah. 

Daftar tanaman herbal bisa ditanam di dapur 

oregano segar

Berikut daftar tanaman herbal yang bisa ditanam menggunakan air:

1. Mint

2. Oregano

3. Kemangi

4. Lemon Balm 

Berikut caranya:

Pertama-tama, bersihkan gunting Anda dengan mencucinya menggunakan air sabun atau menyekanya dengan alkohol. Kemudian, potong segmen sepanjang 3 hingga 4 inci tepat di bawah ruas daun (tempat daun bertemu dengan batang). 

Jika Anda menggunakan herba berbatang keras, gunakan tunas hijau yang lebih baru. Jika Anda menggunakan herba yang dibeli di toko kelontong, Anda dapat membuat potongan baru yang bersih di bagian bawah tangkai.

Baca Juga: Daftar Tanaman Herbal untuk Diabetes, Ayo Cek di Sini!

Kemudian singkirkan daun-daun bagian bawah dan pangkas tanaman sehingga hanya tersisa dua hingga tiga daun di bagian atas. 

Potong juga bunga atau kuncup untuk membantu mendorong tanaman mengarahkan energinya ke perakaran. Letakkan setiap potongan dalam toples bersih berisi air bersuhu ruangan dan tidak mengandung klorin.

Anda mungkin mulai melihat akar dalam beberapa hari hingga beberapa minggu, tergantung pada jenis tanamannya.

Letakkan herba Anda di dekat jendela yang terkena sinar matahari. Sebagian besar herba tumbuh paling baik jika terkena sinar matahari penuh, termasuk basil dan oregano.

Baca Juga: 11 Daftar Minuman Herbal untuk Kolesterol, Alternatif Obati Kolesterol

Beberapa herba, seperti mint, daun bawang, dan lemon balm, dapat tumbuh di tempat yang teduh sebagian, tetapi hal itu dapat memengaruhi kualitasnya.

Periksa persyaratan pencahayaan untuk herba Anda dan jika herba membutuhkan lebih banyak cahaya daripada yang dapat diberikan jendela, Anda dapat melengkapinya dengan lampu tanaman atau lampu neon.

Saat herba Anda tumbuh, ganti air setidaknya seminggu sekali, pastikan air dalam wadah cukup untuk merendam sekitar setengah akar. 

Penggantian air secara berkala adalah cara terbaik untuk mencegah pertumbuhan alga dan menjaga akar tetap sehat dan bebas penyakit; sebagian orang lebih suka menggunakan wadah yang tidak tembus cahaya untuk memperlambat pertumbuhan alga lebih jauh.

Terakhir, Anda perlu menyediakan nutrisi penting yang tidak bisa didapatkan dari air saja, seperti nitrogen, kalium, dan fosfor, untuk herba Anda.

Nah, begitulah informasi mengenai daftar tanaman herbal bisa ditanam di dapur. 

Selanjutnya: Kinerja Saham dan Obligasi Naik pada Agustus, Investasi Asuransi Jiwa Ikut terkerek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News