Keluarga

Cuma Ada di Negara Tropis, Inilah 8 Buah Eksotis yang Enak dan Menyegarkan

Cuma Ada di Negara Tropis, Inilah 8 Buah Eksotis yang Enak dan Menyegarkan

MOMSMONEY.ID - Buah eksotis berikut ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis asing dari negara 4 musim ketika berkunjung ke negara-negara tropis.

Selain karena warna & bentuknya yang unik, buah-buah tropis berikut ini mengandung gizi super tinggi yang baik untuk pencernaan hingga otak manusia!

Langsung saja mari kita intip aneka buah eksotis terkenal di dunia yang ada di Indonesia, ini dia.

Belimbing

Belimbing

Belimbing merupakan salah satu buah eksotis yang sangat dicintai banyak orang. Selain karena bentuknya unik menyerupai bintang, buah ini cuga memiliki cita rasa manis asam yang sangat menyegarkan lidah.

Berasal dari Asia Tenggara, belimbing kaya akan serat & vitamin C. Namun hindari buah tropis ini apabila Anda memiliki masalah ginjal. sebab belimbing punya kandungan asam oksalat pembentuk batu ginjal.

Baca Juga: Daftar 7 Buah Murah Pelancar ASI, Bonus Berlimpah Nutrisi Bagi Otak Bayi

Buah naga

Buah naga

Buah naga yang berwarna ungu kemerahan menjadi daya tarik yang sangat populer untuk dijadikan jus maupun smoothie.

Buah nag aini memiliki warna cerah dengan kulit bersisik layaknya naga. Buah ini kaya akan magnesium, serat, zat besi dan vitamin C, prebiotik, dan betasianin yang merupakan pewarna alami bersifat antidiabetik & anti-inflamasi.

“Buah naga juga memiliki sifat antioksidan dan efek anti kanker yang dapat membantu mencegah kanker payudara,” kata Hemmes dalam Banner Health.

Durian

Durian

Hubungan benci tapi cinta layak disematkan pada buah bau yang satu ini. Ya, banyak orang yang tergila-gila pada durian, namun tak sedikit pula yang membencinya.

Mulai dari aroma hingga rasanya bisa membuat orang mabuk hingga merasa mual. Namun sebenarnya, buah tropis yan satu ini sangat kaya akan nutrisi & super menyehatkan!

Baca Juga: Didasarkan Penelitian, Inilah 6 Sayuran Terbaik untuk Menghilangkan Lemak Perut

Nangka

buah nangka

Melansir dari WebMD, nangka dinobatkan sebagai buah terbesar di dunia yang beratnya mencapai 100 pon atau setara 22,6 kg.

Di negara asalnya, yakni India, nangka dijadikan sebagai pengganti daging pada makanan seperti taco.

Buah tropis ini sering dijual dalam kemasan kaleng siap saji maupun diambil langsung dari pohonnya. Buah yang manis ini memiliki kandungan vitamin C, B, dan potassium yang tinggi.

Rambutan

Buah rambutan

Rambutan punya cita rasa manis & memiliki masa simpan yang sangat singkat sehingga mudah busuk. Meski begitu, rambutan paling sering dikonsumsi untuk dijadikan hidangan dalam koktail.

Baca Juga: Perbaiki Pola Hidup, Ikuti 7 Cara Mencegah Diabetes Tipe 2 Sejak Usia Dini

Rambutan kaya akan vitamin C, flavanol yang dapat mengurangi peradangan, dan antioksidan.

“Rambutan  membantu mengatur gula darah, memiliki efek perlindungan pada hati, dan mengurangi trigliserida dan LDL (kolesterol jahat),” ucap Hemmes.

Buah salak

Buah salak

Salak mengandung banyak serat yang membantu melancarkan pencernaan. Jika dilihat dari cangkangnya, buah tropis yang satu ini tak terlihat estetik. Namun apabila dimakan, maka siapapun jadi ketagihan akan rasanya.

Jambu air

Jambu air merah

Buah tropis asal Asia Tenggara, jambu air, punya rasa yang manis, sedikit agak asam & sangat menyegarkan. Sayangnya, buah ini sangat mudah busuk, sehingga harus segera dikonsumsi setelah dipetik dari pohonnya.

Jambu air, melansir dari Chef’s Pencil, dikenal sebagai tonik untuk otak & hati, serta digunakan sebagai infus untuk merangsang pencernaan & mengurangi demam.

Baca Juga: 4 Makanan Murah yang Ampuh Mencegah Diabetes, Cek di Sini

Kumquat

buah kumquat

Kumquat adalah salah satu jenis buah tropis yang tergolong ke dalam jenis buah jeruk. Bentuknya sangat mungil, mirip ukuran anggur, namun agak lonjong.

Secara harfiah, “kumquat” berarti “jeruk emas” dalam bahasa Cina. Rasanya sangat manis & dapat dimakan dengan kulitnya.

Itu dia beberapa buah eksotis yang hanya tumbuh di negara-negara tropis. Jadi, buah tropis mana sajakah yang jadi favoritmu?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News