Keluarga

Cocok untuk Wanita Menopause, 5 Pelumas Alami yang Aman untuk Berhubungan Seks

Cocok untuk Wanita Menopause, 5 Pelumas Alami yang Aman untuk Berhubungan Seks

MOMSMONEY.ID - Layak pasutri coba, inilah 5 pelumas alami yang aman untuk berhubungan seks.

Pelumas atau lubricant bisa menjadi alat yang hebat untuk menciptakan seks yang terasa lebih baik. Ini karena pelumas mampu membantu mencegah gesekan yang menyakitkan saat berhubungan seks.

Meskipun begitu, tidak sedikit produk pelumas yang beredar di pasaran mengandung bahan kimia keras sehingga tidak ideal untuk area intim.

Sebagai solusi, Anda dapat menggunakan pelumas alami yang tentunya non-kimia untuk menghindari infeksi, iritasi, dan rasa tidak nyaman.

Melansir Business Insider, seorang Ginekolog di Northern Winchester Hospital bernama Alyssa Dweck, MD, membagikan rekomendasi pelumas alami yang aman untuk berhubungan seks. Selengkapnya, berikut daftarnya.

Baca Juga: Bikin Kulit Glowing dan Awet Muda, 5 Manfaat Mengurangi Gula untuk Kesehatan

1. Virgin coconut oil

Virgin coconut oil atau minyak kelapa murni adalah pelumas alami yang populer serta dapat ditoleransi dengan baik. Salah satu alasan virgin coconut oil populer mungkin karena bau dan rasanya yang enak. Sehingga, bisa memberikan manfaat tambahan untuk seks oral.

Namun, penting untuk memastikan bahwa minyak kelapa yang Anda beli murni atau mentah. Pasalnya, minyak kelapa olahan mungkin mengandung aditif yang dapat mengiritasi kulit.

Jika Anda dan pasangan akan menggunakan kondom, sebaiknya Anda tidak memakai minyak kelapa sebagai pelumas alami. Ini karena minyak kelapa bisa merusak lateks dan membuat kondom tidak efektif. Sebagai gantinya, Anda dapat memilih pelumas berbahan dasar air atau silikon.

2. Olive oil

Olive oil atau minyak zaitun merupakan pilihan pelumas alami lainnya yang aman dan ideal untuk seks oral.

Olive oil memiliki manfaat ekstra karena mudah ditemukan dan harganya relatif murah. Namun, Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya, karena dapat menodai kain.

Sama seperti minyak kelapa, Anda harus memilih olive oil murni guna menghindari aditif. Kendati mampu bertahan lebih lama dari banyak pelumas berbahan dasar air biasa, namun olive oil tidak bisa Anda gunakan dengan kondom atau sex toys berbahan lateks.

3. Lidah buaya

Aloe vera gel atau gel lidah buaya sering digunakan untuk mengobati sengatan matahari karena memiliki efek menenangkan pada kulit. Juga, dapat membantu melawan iritasi kulit saat berhubungan seks.

Gel lidah buaya murni bisa menjadi pilihan pelumas alami yang aman untuk orang dengan kulit atau alat kelamin sensitif. Jika Anda membeli gel lidah buaya dalam kemasan, hindari bahan-bahan berbahaya seperti alkohol karena dapat mengiritasi dan mengeringkan kulit.

Dikarenakan tidak mengandung minyak, gel lidah buaya cenderung aman digunakan bersamaan dengan penggunaan kondom.

Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak Sejak Dini, Hindari Terlalu Banyak Instruksi!

4. Avocado oil

Avocado oil atau minyak alpukat memiliki banyak manfaat yang sama seperti minyak kelapa dan minyak zaitun. Avocado oil sama-sama mampu melembabkan, aman untuk dimakan, serta lebih tahan lama saat digunakan sebagai pelumas.

Apabila Anda mencari minyak alami yang lebih netral untuk dijadikan pelumas, avocado oil sangat tepat untuk Anda pilih. Pasalnya, avocado oil memiliki aroma dan rasa yang tidak terlalu mencolok dibandingkan minyak kelapa dan minyak zaitun.

Karena avocado oil termasuk minyak, jadi jangan menggunakannya dengan kondom dan sex toys ya.

5. Vitamin E oil

Vitamin E oil atau minyak vitamin E sering digunakan sebagai pelembab atau carrier oil untuk mengencerkan essential oil.

Itu artinya, minyak vitamin E cenderung lembut untuk kulit bahkan di area yang paling sensitif sekali pun.

Namun, karena tergolong minyak, bahan ini tidak akan bekerja baik dengan kondom. Jika Anda menginginkan pelumas vitamin E tanpa menyebabkan kondom pecah, Anda bisa memilih pelumas berbahan silikon yang dilengkapi dengan kandungan vitamin E.

Itulah 5 pelumas alami yang aman untuk berhubungan seks. Kira-kira, Anda tertarik coba yang mana?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News