Santai

Chef dan Koki Ternyata Beda lo, Jangan Keliru Sebut ya

Chef dan Koki Ternyata Beda lo, Jangan Keliru Sebut ya

MOMSMONEY.ID - Agar tidak salah kaprah, mari simak perbedaan antara chef dan cook atau koki berikut ini.

Dalam dunia kuliner, peran juru masak memang sangat dibutuhkan. Juru masak tentunya dibutuhkan untuk menyajikan makanan lezat dan menggugah selera.

Di dalam dapur, ternyata ada perbedaan antara cook dan chef yang merupakan juru masak. Bagi kaum awam, mungkin hanya menyadari sedikit perbedaan antara cook dan chef.

Bagi yang belum tahu, berikut adalah perbedaan antara cook dan chef yang bisa diketahui lebih dalam.

Baca Juga: Buat Ibu-Ibu, Ini 4 Reality Show Masak yang Ada di Netflix

Cook

Cook adalah seorang yang memiliki tugas untuk memasak makanan sesuai dengan instruksi resep yang telah ditetapkan. Cook biasanya memiliki keahlian dasar dalam hal teknik memasak dan keahlian untuk mengikuti arahan dari resep.

Tentu saja, cook juga memiliki beberapa sebutan dalam dapur. Stagiaires adalah juru masak  atau cook baru dalam dapur. Kitchen porters adalah asisten juru masak yang biasanya membantu untuk menyiapkan bahan-bahan.

Junior cooks bekerja di bawah line cooks. Pada tahap ini, tugas mereka adalah membantu dan mempelajari suatu teknik atau keahlian secara spesifik.

Sedangkan line cook memiliki tugas untuk membantu menyiapkan sebuah makanan secara spesifik sesuai kemampuan yang telah mereka miliki.

Baca Juga: 5 Drama Korea Ini Sajikan Kuliner Khas Korea yang Bikin Ngiler Loh

Chef

Chef adalah seseorang yang bertugas untuk menyiapkan menu, mengatur makanan yang keluar dari dapur, dan mengawasi segala hal yang terjadi di dapur.

Chef biasanya memiliki pendidikan yang lebih tinggi dalam dunia kuliner. Karena, ia memiliki tanggungjawab untuk menciptakan dan menyediakan menu pada sebuah restoran atau hotel.

Posisi chef dalam dapur ternyata juga bermacam-macam. Ada yang disebut dengan chef de partie, sous chef, chef de cuisine, dan executive chef.

Chef de partie adalah chef yang bertugas menyiapkan bahan secara spesifik berdasarkan resep. Sous chef adalah wakil dari head chef yang memiliki tugas untuk mengawasi dapur.

Chef de cuisine atau head chef adalah chef yang memiliki peran sama seperti manajer namun di dalam dapur. Menu dan resep baru juga biasa dibuat oleh chef de cuisine.

Sedangkan executive chef berperan dalam menentukan operasional, biaya, lokasi, hingga bisnis dalam dapur. Diperlukan banyak pengalaman untuk bisa menjadi seorang executive chef.

Jadi, secara umum, cook adalah seorang yang memiliki tugas untuk memasak dan menyiapkan hidangan sesuai resep yang ditetapkan.

Sedangkan chef memiliki tugas penting untuk mengatur dapur serta hal lain seperti operasional di dalam dan di luar dapur.

Nah, itulah tadi penjelasan tentang perbedaan antara cook dan chef yang ternyata punya peran beda di dapur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News