Keluarga

Cegah Sakit Pencernaan Saat Musim Libur Sekolah Anak

Cegah Sakit Pencernaan Saat Musim Libur Sekolah Anak

MOMSMONEY.ID - Momen libur sekolah anak merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh setiap keluarga untuk menghabiskan waktu bersama, seperti bermain di dalam rumah atau bepergian mengunjungi tempat wisata.

Di balik keseruan liburan bersama keluarga,penting bagi orang tua untuk tetap memperhatikan pola makan bergizi dan seimbang untuk anak. Hal ini dikarenakan anak-anak sering kali tergoda untuk mengonsumsi makanan cepat saji yang tinggi lemak, garam dan gula, sehingga dapat meningkatkan risiko masalah pencernaan seperti diare, sembelit, mual dan sakit perut.

dr. Sem Samuel Surja, M. Biomed, yang praktik di Klinik Solace Medika dan FKIK Unika Atma Jaya, Jakarta mengatakan liburan sekolah memang menyenangkan, namun perlu diingat bahwa kelelahan saat bermain dapat menurunkan daya tahan tubuh anak. Akibatnya, mereka menjadi lebih rentan terhadap virus dan bakteri di sekitar.

"Orang tua perlu memperhatikan aspek kesehatan anak secara menyeluruh, terutama pola makan bergizi dan seimbang, untuk menjaga daya tahan tubuh mereka. Selain flu dan batuk, penyakit gangguan pencernaan seperti diare juga kerap menyerang anak saat liburan sekolah," ujar dr. Sem.

Baca Juga: Cek Kesehatan Rutin, Apotek Wellings Layani Pembelian Voucher Medical Check-Up

Membangun kebiasaan makan bergizi seimbang dengan banyak konsumsi serat dari buah dan sayur, serta menambahkan vitamin anak, merupakan langkah penting untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit pencernaan pada anak-anak. Selain itu, penting untuk memastikan anak-anak minum air yang cukup untuk mencegah dehidrasi, terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

Saat berwisata, dr. Sem bilang usahakan membawa bekal yang bergizi dari rumah untuk menjaga kebersihan, selain itu berikan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. 

"Jika anak sudah menunjukkan gejala gangguan pencernaan seperti demam, muntah atau sakit perut, segera bawa ke dokter agar mendapatkan penanganan dini dan mencegah komplikasi yang lebih serius," tambah dr. Sem Samuel Surja, M. Biomed.

Menyadari pentingnya menjaga kesehatan anak terutama saat memasuki masa liburan sekolah, Apotek Wellings secara proaktif membantu orang tua dalam memenuhi kebutuhan obat-obatan dan vitamin khusus anak untuk mendukung kesehatan mereka.

Baca Juga: Tertarik Saham Erajaya (ERAA)? Simak Rekomendasi Sahamnya Dulu di Sini

Dilayani dengan Apoteker yang selalu siaga di semua outlet, orang tua dapat berkonsultasi untuk memilih obat atau vitamin yang tepat sesuai kebutuhan anak, dan juga mendapatkan informasi mengenai penggunaan obat serta efek sampingnya.

Andy Handoko, Head of Business Unit Wellings Indonesia menyebut apotek Wellings berkomitmen untuk menyediakan produk-produk kesehatan seperti vitamin, suplemen atau obat-obatan terlengkap untuk berbagai usia, salah satunya anak-anak.

"Melalui Apoteker yang selalu siaga di setiap outlet, kami berharap dapat memberikan edukasi untuk membantu para orang tua dalam menjaga kesehatan anak-anak mereka selama masa liburan sekolah," tutur Andy dalam keterangan yang diterima Momsmoney.

Baca Juga: Apotek Wellings Hadirkan Layanan Sewa Alat Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News