Keluarga

Cegah Nyeri Punggung Bawah, Cukup Jalan Kaki 3 Kali Seminggu lo

Cegah Nyeri Punggung Bawah, Cukup Jalan Kaki 3 Kali Seminggu lo

MOMSMONEY.ID - Cara paling sederhana jika Anda memiliki riwayat sakit punggung bawah adalah rutin berjalan kaki, minimal tiga kali seminggu.

Cocok untuk Anda yang tak memiliki kesempatan untuk janjian dengan fisioterapis dan mengambil kelas pilates. 

Melansir Woman and Home, penelitian terbaru menunjukkan, orang dewasa dengan riwayat sakit punggung bawah lebih sedikit kambuh, hingga dua kali lebih lama jika rutin berjalan kaki. 

Baca Juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Air Es?

Ini menunjukkan, berjalan kaki menjadi salah satu cara paling efektif untuk mengatasi nyeri punggung bawah tanpa harus mengonsumsi obat, melakukan olahraga yang lebih serius, hingga bertemu dengan fisioterapis.

Temuan ini bisa mengubah hidup banyak perempuan di seluruh dunia, karena nyeri punggung bawah bisa menjadi konsisi yang sangat melelahkan. 

Baru-baru ini, sebuah studi yang dilakukan Trade Union Congress menemukan, 1,54 juta perempuan tidak bekerja karena sakit pada tahun lalu, ini meningkat 48% dalam lima tahun lalu.

Masalah sakit punggung adalah salah satu penyebab utama peningkatan ini bersamaan dengan buruknya kesehatan mental.

Baca Juga: Jangan Biarkan 5 Peralatan Ini Terhubung dengan Listrik Terus, Begini Dampaknya  

Studi yang dilakukan Macquarie University juga tampaknya memecahkan masalah utama terkait nyeri punggung bawah yaitu soal kambuhnya penyakit ini. 

Sebanyak 7 dari 10 orang kembali mengalami masalah nyeri punggung  dalam setahun setelah pengobatan.

Penelitian yang melibatkan 701 orang dewasa dengan nyeri punggung bawah ini secara acak melakukan program kelompok jalan kaki dan  bertemu dengan fisioterapis masing-masing selama 6 bulan. 

Baca Juga: Cara Membakar Kalori Lebih Banyak Saat Jalan Kaki

Mereka yang berjalan kaki selama 30 menit selama 5 hari dalam seminggu merasakan progres yang besar. Mereka tidak merasakan kambuh nyeri punggung bawah dua kali lebih lama. 

Berjalan kaki adalah olahraga yang murah bahkan tanpa biaya. Selain itu, berkalan kaki adalah olahraga sederhana yang bisa dilakukan oleh siapapun dengan usia dan status apapun. 

Mulai dengan berjalan lambat sesuai dengan kenyamanan Anda. Selain itu, jangan lupa beri jeda satu hari untuk istirahat supaya Anda tidak kelelahan. Pastikan juga Anda menggunakan postur yang bagus untuk berjalan kaki dan gunakan sepatu yang tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News