Keluarga

Jangan Biarkan 5 Peralatan Ini Terhubung dengan Listrik Terus, Begini Dampaknya

Jangan Biarkan 5 Peralatan Ini Terhubung dengan Listrik Terus, Begini Dampaknya

MOMSMONEY.ID - Ini 5 peralatan yang sebaiknya jangan pernah Anda biarkan terhubung dengan listrik terus menerus. Dampaknya, tagihan listrik bisa melonjak, lo.

Apakah Moms tahu bahwa beberapa peralatan di rumah, jika Anda biarkan tertancap atau terhubung dengan listrik akan terus mengonsumsi listrik? Bahkan, ketika peralatan tersebut dalam kondisi padam dan tidak digunakan.

Selain lebih aman, memastikan 5 peralatan ini tidak terhubung dengan listrik ketika sudah padamn dan tidak digunakan bisa lebih hemat listrik. 

Baca Juga: 5 Anime Dewasa Hingga Gore Tanpa Sensor, Khusus 18+

Melansir Ideal Home, ini peralayan yang sebaiknya jangan dibiarkan terhubung dengan listrik terus-menerus:

Televisi

Membiarkan televisi dalam kondisi standby atau tertancap dengan listrik meski tidak digunakan, bisa meningkatkan tagihan listik. Di Inggris, tagihan bisa lebih tinggi hingga Rp 1,2 juta per tahun jika TV terus terhubung dengan listrik. 

Gim konsol

Tidak semua orang memiliki peralatan ini, namun jika Anda memilikinya baik PlayStation atau Xbox, jangan biarkan mereka terus terhubung dengan listrik. Sama seperti TV, gim konsol menggunakan energi yang konstan.

Jika Anda membiarkan gim konsol terus terhubung maka biaya listrik bisa meningkat Rp 630.000 per tahunnya. 

Microwave

Tak seperti peralatan lainnya, namun microwave tetap saja bisa meningkatkan pengeluaran Anda untuk membayar listrik jika terus terhubung dengan listrik. Hitungannya, microwave yang terus dalam kondisi standby bisa membebani sekitar Rp 188.000 per tahunnya. 

Baca Juga: Yuk Coba Cara Ini, Ampuh Usir Semut dari Dapur

Mesin kopi

Jika Anda pecinta kopi, tentu Moms pasti memiliki mesin kopi rumahan pembuat espresso. Sayangnya, membiarkan mesin kopi terus terhubung dengan listrik bisa menambah beban listrik sekitar Rp 312.000 per tahunnya. 

Smart speakers

Smart speakers favorite Anda juga cukup tinggi dalam hal konsumsi energi. Jadi, jika Anda tidak menggunakannya sebaiknya matikan dan copot dari sumber listrik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News