Keluarga

Cegah Krisis Air Bersih, Mulai Hemat Konsumsi Air dengan Cara Ini

Cegah Krisis Air Bersih, Mulai Hemat Konsumsi Air dengan Cara Ini

MOMSMONEY.ID - Yuk simak cara berhemat air bersih di rumah, mengingat air sangat penting untuk kehidupan kita!

Dalam setiap kegiatan, kita semua membutuhkan air. Mulai dari bangun pagi untuk melegakan tenggorokan Anda harus selalu minum air putih. Kemudian mandi, mencuci baju, mencuci sepatu, membersihkan rumah, menyirami tanaman hingga memandikan hewan peliharaan kita. 

Baca Juga: Cocok untuk Healing, Ini 5 Destinasi Wisata Kece yang Wajib Dikunjungi di Kota Batu

Namun semakin banyaknya populasi di dunia, tentu kebutuhan air setiap tahunnya juga meningkat. Sayangnya di sisi lain, manusia lebih banyak melakukan kegiatan yang mencemari air bersih. Ini membuat kita semua terancam menghadapi krisis air bersih. 

Namun Anda bisa melakukan langkah kecil yang berdampak bila dilakukan secara rutin dan masif. Yap! Caranya dengan mulai hemat dalam mengonsumsi air bersih.

Jika Anda masih bingung cara menghemat air di rumah, yuk simak tulisan di bawah ini. Melansir Love To Know, menghemat penggunaan air di rumah sangat mudah Anda lakukan. Bahkan anak-anak Anda pun bisa ikut melakukannya. 

Begini cara mudah hemat konsumsi air bersih

Jangan biarkan air terus mengalir saat cuci tangan dan gosok gigi 

Tahukah Anda bahwa banyak air yang terbuang sia-sia saat Anda mencuci tangan. Maka dari itu, biasakan mematikan air saat Anda sedang menyabuni tangan. 

Basahi sebentar tangan Anda, kemudian matikan air. Lalu sabuni tangan Anda dan gosok selama 20 detik. Setelah itu nyalakan kembali air untuk membilasnya. Lakukan cara yang sama saat akan menggosok gigi. 

Jangan mandi terlalu lama

Cara mudah hemar air adalah jangan mandi terlalu lama, apalagi Anda pengguna shower. Mandi secukupnya dan gunakan air secukupnya untuk membilas. Jangan mandi sambil bermain dan tetap menyalakan air. 

Bijak saat mencuci piring

Banyak orang akan menggosok peralatan makan dan memasak mereka yang kotor sambil membuka keran air. Untuk menghemat air di rumah, hentikan kebiasaan ini. 

Cukup nyalakan air saat cucian perlu dibilas. Matikan keran air saat cucian sedang Anda sabuni. 

Selain itu jangan selalu menggunakan mangkok atau gelas baru setiap kali Anda akan minum atau ngemil. Coba terapkan aturan satu orang hanya boleh menggunakan satu gelas selama satu hari. 

Baca Juga: Simak Perjalanan Karier Bintang Drama Numbers Choi Min Soo

Sirami tanaman di waktu yang tepat

Saat Anda menyirami tanaman di siang hari yang terik, banyak air akan menguap. Ini membuat air yang Anda gunakan jadi sia-sia. Maka dari itu sebaiknya sirami tanaman di pagi haru atau malam hari. 

Ubah cara Anda mencuci baju

Jika Anda mencuci baju dengan mesin cuci, pastikan tabung penuh terisi. Jika tidak, maka Anda melakukan pemborosan air. Selain itu, Anda bisa menggunakan kembali baju yang tidak kotor sehingga ini membantu Anda mengurangi frekuensi mencuci. 

Tampung air hujan

Cara menghemat air bersih selanjutnya adalah membuat penampungan untuk air hujan. Air ini bisa Anda gunakan untuk menyirami tanaman di rumah. 

Demikian cara untuk mengemat penggunaan air bersih di rumah. Selamat mencoba dan yuk jaga lingkungan tetap lestari!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News