Santai

Cegah Dehidrasi, Jemaah Haji Diingatkan Jangan Takut Minum

Cegah Dehidrasi, Jemaah Haji Diingatkan Jangan Takut Minum

MOMSMONEY.ID - Para jemaah haji di Arab Saudi diingatkan untuk tidak takut minum air untuk mencegah dehidrasi. Ini melihat beberapa kasus yang ditangani oleh Klinik kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah.

“Lebih baik mencegah dehidrasi, dan jangan takut untuk minum, karena buang air kecil adalah penanda bahwa kita tidak dehidrasi, minum air setiap satu jam sebanyak 200 ml, atau satu gelas,” ujar penanggung jawab medis Adhita Kartyanto, yang merupakan dokter spesiali penyakit dalam, dikutip dari laman Kemenkes, Kamis (16/5).

Dia juga mengatakan, masyarakat yang tengah berada di tanah suci tak perlu menghindari minum karena takut buang air kecil lantaran terdapat banyak toilet di tanah suci. Menurutnya, ini akan memudahkan mereka jika ingin buang air kecil.

Adapun Klinik kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah telah melayani 26 pasien sejak 11-13 Mei 2024. Rinciannya, 13 kunjungan pasien ke Instalasi Gawat Darurat (IGD), 7 kunjungan pasien ke poliklinik, dan 6 pasien rawat inap.

Baca Juga: 5 Tempat Terbaik Untuk Melihat Keindahan Aurora, Mau Kunjungi?

Pasien pertama yang datang untuk mendapatkan layanan kesehatan adalah pekerja di KKHI Madinah dengan keluhan sesak nafas sehingga harus mendapatkan perawatan di Ruang High Care Unit (HCU).

Pasien berikutnya adalah jemaah haji dari kloter Batam Hang Nadim (BTH) 10 yang sempat dirawat di Ruang HCU tetapi kemudian dirujuk ke rumah sakit Arab Saudi (RSAS) karena mengalami penurunan kesadaran dan perburukan.

Menurut Adhita, pasien tidak mengalami kritis hipertensi karena tekanan darah hanya 150. “Penyebabnya, menahan pipis, kemudian jadi darah tinggi. Karena menahan nyeri juga ada kecenderungan ke arah pembengkakan prostat dan itu perlu penanganan lebih lanjut karena di sini hanya bisa dibantu untuk dipasang kateter urine,” katanya.

Lebih lanjut Kepala KKHI Madinah Karmidjono mengaatkan, banyak jemaah haji yang enggan minum air putih selama perjalanan dari Indonesia ke Arab Saudi. Selain itu, banyak jemaah haji yang menahan buang air kecil karena tidak tahu cara penggunaan toilet di pesawat.

Karena itu, Karmidjono mengatakan, perlu keterlibatan petugas atau ketua rombongan untuk mengingatkan jemaah haji untuk selalu minum air putih saat penerbangan dan membantu jemaah haji jika tidak mengetahui cara menggunakan toilet di pesawat.

“Karena banyak dari jamaah yang baru pertama kali menggunakan pesawat dan dengan waktu yang lama,” kata Karmidjono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News