Keluarga

Cara Mengusir Tokek di Rumah, Cukup Pakai Bahan di Dapur Ini

Cara Mengusir Tokek di Rumah, Cukup Pakai Bahan di Dapur Ini

MOMSMONEY.ID - Bagi sebagian orang, kehadiran tokek di rumah membuat mereka merasa sangat terganggu. Yuk, simak cara mengusir tokek di rumah berikut ini.

Tokek adalah hewan merayap yang menyerupai cicak. Namun, tokek memiliki ukuran badan yang lebih besar dan lebih lengket ketimbang cicak.

Selain itu, tokek biasanya memiliki bintik-bintik di badan yang membuat Anda merasa ngeri saat melihatnya. 

Baca Juga: Dari Alami hingga Ekstrem, Inilah 7 Cara Usir Tikus di Rumah sampai Mesin Mobil

Kenapa ada tokek di rumah? 

Mengutip Solutions Pest & Lawn, tokek adalah reptil yang menyukai tempat hangat dan lembap. Sehingga, salah satu alasan ada tokek di rumah adalah mereka menemukan tempat yang tepat untuk bersarang. 

Mereka bisa masuk melalui retakan atau lubang kecil yang ada di rumah Anda. Kemudian, mereka akan mencari lokasi tersembunyi yang hangat dan lembap untuk bersarang dan berkembang biak.

Umumnya, tokek akan mudah ditemui di tempat yang dekat dengan sumber makanan. Misalnya, di dapur atau ruang makan.

Selain memakan sisa-sisa makanan manusia, tokek juga sebenarnya memakan serangga. Alhasil, kehadiran tokek juga cukup bermanfaat bagi Anda untuk mengusir serangga dari rumah. 

Tapi, jika Anda merasa terganggu dengan kehadiran tokek, ada cara mengusirnya yang bisa Anda lakukan. Melansir Ruparupa dan Lamudi, ada 5 cara mudah mengusir tokek di rumah dijamin ampuh.

Baca Juga: Ikuti 4 Cara untuk Mengusir Cicak Secara Efektif Ini, Salah Satunya Pakai Lada Hitam

Cara mengusir tokek yang bisa Anda lakukan di rumah

1. Buat campuran ampas kopi dan bubuk tembakau

Kopi yang menjadi minuman kesukaan kita ternyata berbahaya bagi tokek. Ampas kopi dan bubuk tembakau memiliki kandungan yang mematikan bagi tokek. 

Saat Anda membuat kopi, jangan buang ampas kopinya. Anda bisa membuat bola-bola kecil dari ampas kopi yang dicampur dengan bubuk tembakau. Jika tak memiliki bubuk tembakau, cukup dengan ampas kopi saja. 

2. Bawang

Cara mengusir tokek selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang. Tokek tak menyukai aroma bawang yang menyengat sehingga hewan ini akan menjauhi bawang. 

Caranya iris tipis bawang dan letakan di area sarang tokek. Anda bisa menggunakan bawang merah, bawang putih, atau bawang bombay.

3. Kapur barus

Cara mengusir tokek dari rumah selanjutnya adalah menggunakan kapur barus. Caranya, letakkan kapur barus di sudut ruangan dan di area yang kerap dilalui tokek. Mereka tak akan menyukai bau kapur barus. 

Selain itu, Anda juga bisa menghaluskan kapur barus. Setelah itu oleskan pada area sekitar dinding rumah. 

Baca Juga: Berikut Cara Mengusir Kecoak yang Mengganggu di Rumah Anda

4. Larutan lada, merica atau cabai

Saat menghirup lada, merica atau cabai, hidung pasti langsung terasa gatal dan membuat kita bersin. Ternyata, lada atau merica juga memiliki kandungan yang membuat tokek tak menyukainya. 

Untuk mengusir tokek dari rumah caranya larutkan lada, merica, atau cabai ke dalam sebotol air. Semprotkan pada area sudut ruangan dan tempat tokek bersarang. 

5. Cangkang telur

Ternyata tokek juga tidak menyukai bau amis dari cangkang telur. Jadi coba gunakan cangkang telur untuk mengusir tokek. 

Caranya, haluskan cangkang telur kemudian masukan ke dalam plastik yang sudah dilubangi. Gantung plastik ini di sudut-sudut ruangan. Dengan cara ini tokek akan berusaha menghindari gantungan berisi cangkang telur. 

Demikian 5 cara mengusir tokek dari rumah yang bisa Anda coba. Semoga berhasil, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News