Santai

Cara Menggunakan Ambient Mode di YouTube yang Baik untuk Kesehatan Mata

Cara Menggunakan Ambient Mode di YouTube yang Baik untuk Kesehatan Mata

MOMSMONEY.ID - YouTube memberikan fitur bermanfaat bagi penggunanya yang sering menonton video dengan durasi yang lama. Fitur ambient mode di YouTube memiliki kegunaan yang baik untuk kesehatan mata.

Namun, tahukah Anda bagaimana cara aktifkan ambient mode di YouTube? Ada beberapa cara aktifkan ambient mode di YouTube yang dapat Anda simak di artikel ini. 

Ambient Mode di YouTube memungkinkan Anda membenamkan diri dalam pengalaman menonton video sekaligus mengurangi kelelahan mata. 

Baca Juga: Cara Mematikan Mode Tidur di iPhone Lewat Aplikasi Kesehatan

Fitur ini mengambil warna dari video YouTube yang Anda tonton dan menambahkannya dengan tekstur gradien lembut. 

Ambient Mode bersifat dinamis dan langsung memperbarui warna latar belakang setiap kali warna video berubah sehingga pengalaman menonton Anda lebih mendalam. Karena sifat fiturnya, ini hanya berfungsi dalam mode gelap.

Nah, berikut ini cara aktifkan ambient mode di YouTube melalui semua perangkat. 

1. Android dan iOS

Mengaktifkan mode gelap di YouTube akan secara otomatis mengaktifkan mode Standby. Namun, Anda dapat menonaktifkan fitur tersebut. Begini caranya:

- Ketuk video YouTube mana pun untuk mulai memutar.

- Ketuk layar untuk menampilkan opsi kontrol.

- Ketuk ikon Pengaturan di kanan atas. Ini akan menampilkan menu pop-up.

Baca Juga: 20 Ucapan Idul Fitri 2024 dalam Bahasa Jawa untuk Dikirim ke Orang Tua

- Di menu pop-up, tap Setelan tambahan.

- Terakhir, ketuk Mode standby untuk menonaktifkan fitur tersebut. Anda akan melihat pesan pop-up Mode standby tidak aktif yang mengonfirmasi bahwa fitur tersebut telah dinonaktifkan.

Jika Anda ingin mengaktifkan kembali mode Standby, ikuti langkah yang sama. Salah satu batasan yang harus Anda perhatikan tentang mode Standby adalah mode ini tidak berfungsi untuk video offline kecuali Anda memiliki koneksi internet aktif.

Jika Anda mengunduh video YouTube dan memutarnya, Anda bahkan tidak akan melihat opsi mode Standby di menu pop-up pengaturan. 

2. Desktop

Di situs desktop YouTube, Anda dapat menggunakan Ambient Mode. Mirip dengan seluler, Anda harus mengaktifkan mode gelap terlebih dahulu, yang juga akan mengaktifkan mode Standby secara default.

Cara menonaktifkannya sebagai berikut :

- Putar video YouTube pilihan Anda dan gerakkan kursor ke pemutar video untuk menampilkan opsi kontrol.

- Pilih ikon Pengaturan di kanan bawah video.

- Di menu pop-up, klik mode Ambient untuk menonaktifkan fitur tersebut. Area sekitar pemutar video Anda akan segera kehilangan latar belakang gradiennya. Sejak saat itu, mode Standby akan dinonaktifkan di semua video YouTube.

Baca Juga: Cara Hapus Cache Youtube untuk Kosongkan Ruang Penyimpanan HP

- Fitur mode Teater desktop YouTube juga mencakup dukungan mode Standby. Oleh karena itu, Anda tidak perlu menggunakan tampilan Default agar efeknya muncul.

Ambient Mode memungkinkan Anda meningkatkan pengalaman menonton YouTube. Tip lainnya adalah meningkatkan kualitas video dengan memilih Setelan > Kualitas > Kualitas gambar lebih tinggi (seluler) atau, jika Anda menggunakan situs desktop YouTube, pilih resolusi spesifik yang lebih tinggi seperti 1080p, 1440p, atau 2160p.

Nah begitulah cara menggunakan Ambient Mode di YouTube yang memiliki manfaat bagi kesehatan mata. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News