Keluarga

Cara Menata Foto di Dinding Ruang Tamu, Ciptakan Kesan Galeri

Cara Menata Foto di Dinding Ruang Tamu, Ciptakan Kesan Galeri

MOMSMONEY.ID - Simak cara menata foto di dinding ruang tamu. Sebuah dinding dengan banyak foto seperti galeri seni adalah salah satu cara mudah menciptakan titik fokus yang unik dan membawa karakter serta keunikan di ruang tamu.

Pajangan foto, poster atau karya seni di dinding adalah salah satu cara paling umum menghias dinding ruangan yang membosankan. Cara ini bisa Anda terapkan di manapun, tak terbatas hanya di ruang tamu. Namun dalam menatanya tetap saja dibutuhkan pertimbangkan. 

Melansir House Beautiful, ada beberapa aturan yang perlu Anda ikuti saat mendekorasi dinding rumah dengan karya seni atau foto keluarga yang mengandung banyak kenangan. Yuk simak menata foto di dinding ruang tamu!

Begini cara atau aturan menata foto di dinding ruang tamu

1. Koleksi dan koleksi

Saat akan menata foto di dinding ruang tamu, hal yang pertama perlu dilakukan adalah mengoleksi semua hal yang Anda cintai termasuk karya seni buatan Anda dan cetakan foto yang sangat berharga bagi Anda. 

Saat mulai mengoleksi, Anda bisa memikirkan skala ukuran foto dan penataan yang diinginkan. Apakah Anda ingin semua foto dicetak dengan ukuran sama atau memiliki ukuran yang berbeda-beda?

2. Buat sebuah tema

Setelah Anda mengoleksi semua pajangan yang Anda suka, kelompokan sesuai dengan tema seperti keluarga, tempat yang saat berkesan, acara bahagia atau tema lainnya.

Jika yang akan Anda pajang adalah karya seni, kelompokkan berdasarkan warna ruang yang sesuai untuk dijadikan pajangan karya tersebut.

3. Tentukan jumlahnya

Sebelum menata foto di dinding, tentukan jumlah yang akan Anda pasang. Apakah ganjil atau genap. Jumlah genap biasanya cocok untuk ukuran cetakan yang seragam.

Jika ingin menata dengan gaya random, maka bisa menggunakan angka ganjil. 

4. Lakukan pengukuran

Cara menata foto di dinding ruang tamu selanjutnya adalah ukur dinding dan area yang akan Anda gunakan sebagai titik fokus penataan foto. Dengan cara ini Anda akan tahu bagaimana cara menatanya, apakah harus satu garis rapi atau bisa ditata dengan lebih acak. 

5. Pilih bingkai foto

Jika sudah menyukai penataan yang akan Anda gunakan di dinding, pilih bingkainya. Anda perlu memutuskan apakah bingkai yang digunakan harus senada dengan warna dinding atau bisa menggunakan warna kontras. 

Bingkai berwarna putih atau netral cocok untuk gaya Scandinavian. Sementara bingkai hitam cocok untuk gaya kontemporer atau industrial. Anda juga bisa menggunakan bingkai dengan gaya berbeda namun memiliki warna yang sama. 

Baca Juga: Cara Transfer Chat WhatsApp Pakai QR Code, Tanpa Perlu Dicadangkan dan Lebih Praktis

6. Mulai pasang foto Anda

Saat akan menata foto di dinding ruang tamu, Anda akan membutuhkan paku dan palu. Siapkan juga pensil, penghapus dan penggaris. 

Gambar dengan tipis pada dinding pojok paling atas di mana bingkai akan dipasang. Ukur dan tandai di bagian mana foto paling rendah akan diletakan. Setelah itu Anda bisa mulai menandai di bagian mana saja paku akan di pasang. Jangan lupa untuk memberikan jarak yang konsisten untuk setiap foto. 

7. Nikmati hasil pajangan Anda

Terakhir, mundur dan nikmati galeri foto di dinding ruang tamu. Ingat bahwa Anda bisa mengganti foto atau karya seni sesuai dengan keinginan Anda.

Demikian cara menata foto di dinding ruang tamu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News