Santai

Cara Memulihkan Foto yang Dihapus dari WhatsApp, Begini Mengembalikannya

Cara Memulihkan Foto yang Dihapus dari WhatsApp, Begini Mengembalikannya

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda menghapus foto dari WhatsApp karena memori penuh? Kemudian Anda ingin memulihkan foto yang dihapus dari WhatsApp tersebut? Jika iya, simak artikel ini.

Artikel ini memberikan tips dan cara memulihkan foto yang dihapus dari WhatsApp. Ini akan membantu Anda mengembalikan foto Anda yang dihapus sebelumnya.

Lalu bagaimana cara memulihkan foto yang dihapus dari WhatsApp? Nah, berikut tipsnya.

Baca Juga: Apa Arti Tanda Centang di Telegram? Simak Penjelasannya

Cara Memulihkan Foto yang Dihapus dari Cadangan WhatsApp

WhatsApp versi Android dan iPhone mendukung pencadangan (masing-masing ke Google Drive dan iCloud). Jika Anda belum lama kehilangan foto, memulihkan cadangan WhatsApp terbaru adalah pilihan terbaik Anda.

Pertama, navigasikan ke Pengaturan > Obrolan > Cadangan Obrolan. Anda akan melihat informasi di sini, termasuk kapan pencadangan terbaru dijalankan dan seberapa sering Anda mengatur untuk mencadangkan data.

Jika Anda menghapus gambar sejak pencadangan terakhir, Anda dapat menghapus dan menginstal ulang WhatsApp untuk memulihkan cadangan dan memulihkan gambar Anda.

3 Fitur WhatsApp yang rilis, berkaitan dengan polling

Cukup hapus instalan aplikasi dari perangkat Anda, lalu instal ulang salinan baru WhatsApp dari App Store atau Google Play. Anda harus mengonfirmasi nomor telepon Anda lagi, lalu Anda akan melihat perintah untuk memulihkan data Anda dari cadangan, jika ada. Terima ini, dan WhatsApp akan memulihkan semua pesan Anda seperti saat pencadangan.

Perhatikan bahwa melakukan hal ini akan menyebabkan Anda kehilangan semua pesan WhatsApp yang Anda tukarkan sejak pencadangan terakhir.

Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa Anda menyimpan atau mengambil tangkapan layar pesan penting apa pun sebelum memulihkan cadangan lama untuk mendapatkan kembali gambar Anda.

Sekali lagi, waktu sangat penting di sini. Jika pencadangan lain dilakukan sejak Anda menghapus foto, kemungkinan besar Anda kurang beruntung.

Cara Memulihkan Foto WhatsApp yang Dihapus dari Penyimpanan

Di Android, secara default, WhatsApp menyimpan setiap gambar yang Anda kirim dan terima dan meletakkannya di folder tertentu. Dengan demikian, Anda dapat menghapus gambar dari obrolan WhatsApp dan tetap menyimpannya di ponsel Anda di folder ini.

Untuk melihatnya, unduh aplikasi penjelajah Android file gratis, seperti Files by Google, lalu telusuri ke folder berikut:

Baca Juga: Intip Fitur WhatsApp Channel yang Baru Rilis Beserta Cara Akses

Memori Internal > WhatsApp > Media > Gambar WhatsApp

Di sini Anda akan melihat semua gambar yang Anda terima di WhatsApp. Ada folder Terkirim di dalamnya yang berisi gambar yang Anda kirim. Telusuri dan lihat apakah foto Anda yang hilang dari WhatsApp ada di dalamnya.

Jika Anda mencari jenis media selain foto, Anda juga akan melihat Video WhatsApp dan folder lainnya di sini—pastikan untuk melihatnya.

Sayangnya, langkah ini bukanlah pilihan bagi pengguna iPhone. Ini karena Android memungkinkan Anda menelusuri sebagian besar hierarki folder lokal perangkat, sedangkan aplikasi Files iOS lebih terbatas dalam hal ini.

Nah itulah beberapa cara memulihkan foto yang dihapus dari WhatsApp. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News