Santai

Intip Fitur WhatsApp Channel yang Baru Rilis Beserta Cara Akses

Intip Fitur WhatsApp Channel yang Baru Rilis Beserta Cara Akses

MOMSMONEY.ID - WhatsApp merilis fitur terbarunya di Indonesia yaitu WhatsApp Channel. Fitur WhatsApp Channel hampir mirip seperti komunitas, akan tetapi pengguna bisa mendapatkan banyak informasi menggunakan WhatsApp Channel. 

Pembaruan WhatsApp terbaru telah menyertakan WhatsApp Channel di tampilannya. 

Jika Anda belum mengetahui apa saja fitur WhatsApp Channel, Anda bisa menyimak artikel ini. 

Baca Juga: Begini Cara Hapus WhatsApp Channel, Fitur yang Baru Saja Rilis di Indonesia

WhatsApp channel merupakan fitur perpesanan pribadi yang memungkinkan admin mengirim pesan siaran satu ke banyak ke pengikut mereka. 

Sebagai pengikut WhatsApp channel, Anda akan menerima kabar terbaru dari orang-orang dan organisasi penting. 

Secara desain, WhatsApp menyembunyikan nomor dan foto profil admin WhatsApp channel dari pengikut. Pengikut juga tidak dapat melihat nomor atau foto profil pengikut lainnya.

Jadi jika Anda mengikuti WhatsApp channel, Anda tidak akan mengambil risiko mengungkapkan nomor telepon Anda.

Namun, admin dapat melihat nama profil Anda dan mungkin juga dapat melihat foto profil Anda tergantung pada pengaturan privasi Anda.

Anda dapat melihat tips tentang cara mengamankan WhatsApp jika Anda memerlukan bantuan untuk itu.

Lalu, bagaimana cara akses WhatsApp channel? Mengutip Make Use Of, berikut ini cara akses WhatsApp channel. 

Cara akses WhatsApp channel 

1. Di Android, buka Play Store dan ketuk bilah Pencarian di bagian atas. Cari WhatsApp, dan dari halaman hasil pencarian, ketuk tombol Perbarui di sebelah WhatsApp untuk mengunduh dan menginstal aplikasi versi terbaru.

2. Di iOS, buka App Store dan cari WhatsApp. Ketuk tombol Perbarui pada halaman hasil pencarian untuk mengunduh dan menginstal versi terbaru.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Pembaruan WhatsApp di Android, Simak Tips Downgrade Aplikasi

Jika Anda melihat Buka, bukan Perbarui, di halaman hasil pencarian App Store atau Play Store, Anda menjalankan versi terbaru.

Setelah Anda memiliki aplikasi versi terbaru, buka aplikasi dan buka tab Pembaruan (sebelumnya Status). Anda sekarang seharusnya memiliki akses ke fitur tersebut. Jika tidak, mulai ulang aplikasi dan buka kembali.

Perbedaan WhatsApp channel dan WhatsApp komunitas 

WhatsApp channel dan WhatsApp komunitas mungkin terdengar berkaitan. Namun, ini adalah dua fitur berbeda yang dimaksudkan untuk tujuan berbeda. 

Perbedaan utamanya adalah channel menyediakan cara mandiri untuk mengirim pesan siaran satu arah ke banyak pengguna.

Tapi, komunitas WhatsApp memungkinkan admin untuk mengatur grup terkait berdasarkan topik.

Saat membuat komunitas WhatsApp, Anda perlu menambahkan grup yang seharusnya menjadi bagiannya, sehingga memudahkan pengelolaan beberapa grup terkait sebagai admin.

Jumlah grup yang dapat Anda tambahkan ke komunitas dibatasi hingga 100. Sebaliknya, saluran WhatsApp dapat memiliki pengikut tanpa batas.

Berbeda dengan grup dan komunitas, saluran WhatsApp menyediakan cara yang lebih baik untuk terus mendapatkan informasi terkini dari orang dan organisasi favorit Anda.

Kelebihannya, WhatsApp channel menjaga kerahasiaan nomor Anda, sehingga Anda dapat bergabung dengan saluran mana pun tanpa mengungkapkan nomor Anda kepada siapa pun, yang dapat menyelamatkan Anda dari potensi spam.

Jadi begitulah fitur WhatsApp Channel yang baru saja dirilis di Indonesia. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News