Santai

Cara Memperbaiki NFC Tidak Berfungsi di iPhone, Ikuti Tips Mudah Ini

Cara Memperbaiki NFC Tidak Berfungsi di iPhone, Ikuti Tips Mudah Ini

MOMSMONEY.ID - NFC (Near Field Communication) di iPhone Anda menghadirkan banyak sekali kemungkinan, mulai dari pembayaran nirsentuh yang lancar hingga transfer data yang mudah. Namun, bagaimana jika NFC tidak berfungsi di iPhone?

Tak perlu khawatir, ada cara memperbaiki NFC tidak berfungsi di iPhone. 

Cara memperbaiki NFC tidak berfungsi di iPhone dapat diatasi menggunakan beberapa tips berikut ini. 

Baca Juga: Cara Mengaktifkan NFC iPhone 7, 8, X hingga 15 dengan Mudah

1. Ketuk iPhone di Area Kanan

Saat menggunakan NFC, penting untuk mengetuk iPhone Anda di lokasi spesifik di mana modul NFC berada. Pada iPhone, modul NFC terletak di koil belakang atas ponsel, dekat modul kamera belakang. 

Mendekatkan iPhone Anda ke tag NFC atau perangkat penerima akan memastikan keselarasan yang tepat dan menghindari potensi masalah apa pun.

2. Gunakan Pembaca Tag NFC di Pusat Kontrol

Bagi mereka yang menggunakan model iPhone 7, 8, atau X, penting untuk diperhatikan bahwa model ini tidak mendukung Pembacaan Tag Latar Belakang otomatis seperti iPhone XR dan model yang lebih baru. 

Untuk mengaktifkan fungsionalitas Pembaca Tag NFC pada model ini, Anda perlu mengakses Pusat Kontrol dan mengaktifkan Pembaca Tag NFC secara manual.

Baca Juga: Ini 9 Cara Merawat Baterai HP iPhone Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

3. Atur Visibilitas AirDrop ke Semua Orang

Beberapa pengguna di postingan komunitas Apple melaporkan perbaikan masalah NFC di iPhone mereka dengan mengatur visibilitas AirDrop ke semua orang.

4. Nonaktifkan AirPlay

Jika mengaktifkan AirDrop terbukti tidak efektif, nonaktifkan AirPlay di iPhone Anda dan lihat apakah itu berhasil.

Ketuk ikon AirPlay (piramida dengan tiga garis melingkar) di aplikasi media Anda atau Pusat Kontrol dan pilih iPhone untuk mematikan AirPlay. Setelah ini, periksa apakah NFC berfungsi di iPhone Anda.

Baca Juga: 5 Cara Mengeluarkan Air dari iPhone Tanpa Perlu Dibongkar, Simak Tipsnya

5. Atur Ulang Pengaturan Jaringan

Jika semuanya gagal, pertimbangkan untuk mengatur ulang pengaturan jaringan di iPhone Anda untuk mengatasi masalah dengan NFC. 

Ini akan membantu menyelesaikan masalah konektivitas yang menghalangi iPhone Anda memindai sinyal NFC. Penting untuk diperhatikan bahwa ini akan menghapus semua jaringan Wi-Fi yang tersimpan dan perangkat Bluetooth yang dipasangkan, jadi lanjutkan dengan hati-hati.

Nah begitulah cara memperbaiki NFC tidak berfungsi di iPhone. Selamat mencoba! 

Selanjutnya: Lima Tahun Terakhir, Outstanding Penyaluran Modal Ventura Melesat 200%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News