InvesYuk

Cara Investasi Saham Modal Kecil, Begini Caranya

Cara Investasi Saham Modal Kecil, Begini Caranya

MOMSMONEY.ID - Cara investasi saham modal kecil bisa Moms lakukan dengan mudah yuk simak penjelasannya!

Banyak orang takut mulai investasi saham karena membutuhkan modal yang besar. Padahal Moms bisa mulai dengan modal yang kecil lo. Simak cara investasi saham modal kecil di sini yuk!

Baca Juga: Tiga Tips Audisi Gimmie The Mic di TikTok Live dari Pemenang Tahun Lalu

Jika Moms masih berpikir investasi saham membutuhkan modal besar, sebaiknya segera hilangkan pemikiran tersebut. Saat ini banyak sekuritas dan aplikasi yang menyediakan akses pasar yang mudah. Jadi Moms bisa investasi hanya dengan modal Rp 100.000. 

Dulu jika ingin investasi saham, beberapa sekuritas mewajibkan investor melakukan deposit minimal Rp 10 juta. Seiring dengan perkembangan zaman, persyaratan tersebut sudah tidak banyak digunakan. Lalu bagaimana cara investasi saham modal kecil? 

Memilih sekuritas tanpa syarat minimal modal
Jika akan investasi saham dengan modal kecil, langkah pertama yang harus dilakukan adalah riset sekuritas apa saja yang tidak membutuhkan deposito awal. 

Biasanya sekuritas yang tanpa syarat modal minimal ini memiliki aplikasi investasi yang bisa diunduh di smartphone. 

Baca Juga: Resep Nasi Hijau Daun Sawi yang Dimasak Pakai Santan, Rasanya Mirip Nasi Uduk

Memilih sekuritas dengan biaya transaksi yang murah
Saat Anda membeli dan menjual saham ada biaya transaksi yang dikenakan oleh sekuritas. 

Biaya ini biasanya berkisar antara 0,18% hingga 0,30%. Nah, akan lebih menguntungkan bagi Anda jika memilih sekuritas dengan biaya transaksi yang murah. 

Pilih saham dengan harga yang murah
Anda bisa pilih saham dengan harga yang murah dari harga di bawah Rp 100 seperti saham BUMI yang saat ini di angka Rp 76 per lembar atau untuk pembelian minimal 1 lot maka harganya Rp 760. 

Baca Juga: Kenali Berbagai Risiko Bahaya Aborsi pada Kesehatan Wanita

Namun kami tidak menyarankan hanya melihat harga nominal. Sebaiknya lakukan analisa fundamental dan lihat Price Book to Value  (PBV) atau Price Earning Ratio (PER). Semakin besar angka PBV dan PER maka saham tersebut semakin mahal.

Itu tadi cara investasi saham dengan modal kecil. Jika Anda maish bingung, segera hubungi penasihat keuangan untuk membantu membuatkan rencana investasi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News