Santai

Cara Bikin Playlist Spotify dan Menambahkan Lagu Favorit

Cara Bikin Playlist Spotify dan Menambahkan Lagu Favorit

MOMSMONEY.ID - Simak cara bikin playlist Spotify dan menambahkan lagu favorit. 

Spotify adalah salah satu layanan streaming musik yang banyak digunakan. Pengguna bisa membuat playlist Spotify dan menambahkan lagu favoritnya. 

Cara bikin playlist Spotify cukuplah mudah. Anda bisa membuat daftar lagu favorit yang Anda dengarkan sehari-hari. 

Tak hanya itu playlist Spotify ini juga bisa Anda bagikan kepada teman Anda. 

Baca Juga: Ingin Melihat Playlist Spotify Wrapped Tahun Lalu? Simak Tipsnya

Lalu bagaimana cara bikin playlist Spotify dan menambahkan lagu favorit di dalamnya?

Mengutip Make Use Of, berikut ini cara bikin playlist Spotify dan menambahkan lagu favorit. 

Untuk membuat playlist Spotify dari awal, pertama-tama, buka Perpustakaan Anda di bagian bawah aplikasi seluler di Android atau iOS. Kemudian, klik tombol + di bagian atas di samping ikon Pencarian.

Collaborative Playlist Spotify

Anda akan melihat dua opsi: Daftar Putar dan Campuran . Klik Daftar Putar untuk membuat daftar putar standar untuk Anda sendiri, atau klik Campuran untuk membuat daftar putar bersama dengan teman.

1. Membuat playlist Spotify untuk diri sendiri

Anda dapat membuat playlist tentang apa saja. Anda dapat menentukan tema berdasarkan genre tertentu, atau membuatnya sebelum acara tertentu. 

Idenya adalah untuk memungkinkan Anda menemukan lagu yang ingin Anda dengarkan pada waktu tertentu dengan cepat dan mudah. Cukup beri nama yang sesuai pada playlist Anda, lalu klik Buat. 

Spotify kemudian akan merekomendasikan Anda untuk mulai membuat playlist dengan menambahkan lagu. 

Klik Tambahkan ke daftar putar, dan Anda akan melihat bilah Pencarian dan daftar lagu yang Disarankan berdasarkan pendengaran Anda.

Baca Juga: Cara Bikin TikTok Wrapped 2023, Rekap Akhir Tahun Mirip Spotify

Yang terakhir akan disegarkan saat Anda menambahkan lagu ke daftar putar Anda, dan Spotify memperbarui sarannya agar sesuai dengan apa yang Anda tambahkan secara manual.

Jika Anda mengklik bilah Pencarian, Anda akan melihat daftar pencarian terbaru Anda. 

Lagu akan memiliki tombol + yang dilingkari di sebelah kanannya. Jadi klik saja jika Anda ingin menambahkan lagu tersebut ke playlist yang Anda buat.

Alternatifnya, klik artis yang Anda cari sebelumnya, dan ikuti tautan untuk menambahkan lagu tertentu. Atau cari sesuatu yang baru (baik artis, album, atau lagu) hingga Anda dapat menambahkan apa yang Anda cari.

Setiap kali Anda menambahkan lagu, Spotify akan membawa Anda kembali ke halaman Tambahkan ke playlist ini. 

Ketika Anda selesai menambahkan lagu (untuk saat ini), klik tombol kembali di kanan atas untuk melihat playlist Anda mulai terbentuk. 

Spotify akan tetap merekomendasikan lagu untuk ditambahkan ke playlist Anda, tetapi terserah Anda apakah Anda akan menerima sarannya.

Daftar putar yang baru Anda buat sekarang akan terlihat di Perpustakaan Anda, dan Anda dapat mengekliknya untuk menambahkan lebih banyak lagu dengan cara yang sama kapan pun Anda mau.

Baca Juga: Lagu Favorit Hilang dari TikTok? Ternyata Ini Penyebab dan Penjelasannya

Jika Anda mengeklik menu hamburger di sebelah kanan ikon Bagikan kapan saja, Anda akan melihat opsi untuk Tambahkan ke daftar putar ini, Edit daftar putar, Hapus daftar putar, dan masih banyak lagi.

2. Membuat playlist Spotify menggunakan Blend

Blend adalah jenis playlist yang dirancang untuk dibagikan dengan teman. 

Anda dapat mengundang hingga 10 teman ke Blend, dan Spotify akan membuat playlist berdasarkan musik yang Anda dan teman yang diundang tersebut dengarkan.

Padukan pembaruan setiap hari berdasarkan aktivitas mendengarkan semua orang yang termasuk dalam daftar putar.

Untuk mengundang teman ke Blend, klik tombol Undang untuk melihat pilihan Anda. Anda dapat menyalin undangan dengan tautan untuk dibagikan di platform apa pun yang Anda inginkan, atau membuka platform perpesanan dan mengirimkannya langsung ke seseorang atau beberapa orang.

Mereka kemudian akan melihat bahwa Anda telah mengundang mereka, dan dapat memilih untuk bergabung dengan Blend Anda atau mengabaikan permintaan tersebut.

Baca Juga: Cara Menggunakan Tema Spotify Jadi Tampilan Lebih Menarik, Simak Tips Mudah Ini

Cara menambahkan lagu ke playlist Spotify 

Menambahkan lagu ke playlist Spotify yang ada sangatlah mudah. Intinya, setelah Anda membuat playlist, Anda dapat menambahkan lagu ke dalamnya kapan saja. Saat Anda sedang mendengarkan lagu atau melihat lagu di Spotify, carilah menu tiga titik vertikal. 

Klik, dan Anda akan melihat opsi Tambahkan ke daftar putar. Klik itu, dan Anda dapat memilih playlist mana yang ingin Anda tambahkan lagunya.

Terdapat juga tombol + yang dilingkari di samping nama lagu yang sedang diputar. Namun secara default, mengklik ini akan menambahkan lagu itu ke Lagu yang Anda Sukai.

Dan meskipun itu adalah daftar putar tersendiri, Anda mungkin tidak ingin menambahkan lagu khusus ini ke dalamnya. Jika Anda cepat, Anda dapat mengklik Ubah untuk berpindah playlist.

Jika tidak, Anda dapat mengeklik ikon Centang Hijau untuk mengganti daftar putar yang ada di dalamnya kapan saja.

Nah, itulah beberapa cara bikin playlist Spotify dan menambahkan lagu favorit di dalamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News