Santai

Bocoran Spesifikasi iPhone 16 yang Bakal Dirilis Tahun 2024, Punya Desain Baru

Bocoran Spesifikasi iPhone 16 yang Bakal Dirilis Tahun 2024, Punya Desain Baru

MOMSMONEY.ID - Setiap tahun, Apple mengeluarkan model iPhone terbarunya. Pada tahun 2024, Apple dikabarkan akan merilis iPhone 16. Bagaimana spesifikasi iPhone 16 yang dikabarkan akan dirilis tahun 2024?

Setelah seri iPhone 15 yang diluncurkan Apple tahun lalu, iPhone generasi baru yakni jajaran iPhone 16 diperkirakan akan menghadirkan beberapa peningkatan signifikan, seperti layar lebih besar, kamera lebih baik, prosesor lebih cepat, tombol baru, dan peningkatan AI.

Ada beberapa spesifikasi iPhone 16 yang lebih baik daripada iPhone 15 atau sebelumnya. 

Baca Juga: Bocoran Detail Samsung Galaxy A55 Beredar, Punya Desain Body Mirip iPhone

Mengutip India Today, berikut ini spekulasi bocoran spesifikasi iPhone 16. 

1. Peningkatan Tampilan

Salah satu perubahan paling mencolok yang diharapkan akan dibawa oleh seri iPhone 16 adalah ukuran layar untuk model Pro. IPhone 16 Pro diharapkan memiliki layar 6,3 inci, naik dari 6,1 inci pada iPhone 15 Pro, sedangkan iPhone 16 Pro Max diharapkan memiliki layar 6,9 inci, naik dari 6,7 inci pada iPhone 15 Pro Max. 

Hal ini akan menjadikan model iPhone 16 Pro sebagai iPhone terbesar yang pernah ada, dan juga memberi mereka rasio aspek baru 16,6:9, dibandingkan dengan 19,5:9 saat ini.

iPhone 13

Sebaliknya, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus dikatakan akan mempertahankan ukuran layar yang sama dengan iPhone 15 dan iPhone 15 Plus, yaitu masing-masing 5,4 inci dan 6,1 inci. Namun, mereka juga mungkin mendapatkan beberapa peningkatan tampilan, seperti dukungan ProMotion, yang memungkinkan kecepatan refresh adaptif hingga 120Hz untuk pengguliran dan permainan yang lebih lancar. ProMotion sebelumnya eksklusif untuk model iPhone 15 Pro.

2. Penyimpanan Bertambah 

Seri iPhone 16 mungkin menawarkan opsi penyimpanan yang sama dengan seri iPhone 15, yaitu 64GB, 128GB, 256GB, dan 512GB untuk iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, serta 128GB, 256GB, 512GB, dan 1TB untuk iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Maks. 

Namun, beberapa analis memperkirakan bahwa Apple berencana meningkatkan penyimpanan dasar menjadi 128GB untuk iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, dan menjadi 256GB untuk iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max, untuk mengimbangi meningkatnya permintaan akan lebih banyak ruang penyimpanan.

3. Peningkatan Kamera

Sedangkan untuk kamera, laporan menunjukkan bahwa seri iPhone 16 kemungkinan akan menampilkan beberapa peningkatan kamera, seperti kemampuan zoom yang lebih baik, peningkatan kinerja cahaya rendah, dan perekaman video spasial. IPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan memiliki sistem kamera tiga lensa, dengan lensa sudut lebar, lensa telefoto, dan lensa sudut ultra lebar. 

Lensa telefoto dapat menawarkan zoom optik hingga 10x dan zoom digital 100x, berkat desain periskop yang menggunakan cermin untuk memperluas panjang fokus. Lensa sudut ultra lebar juga mungkin memiliki kemampuan fokus otomatis dan makro, untuk pengambilan gambar yang lebih tajam dan lebih dekat.

Baca Juga: Spesifikasi iPhone 15 Pro Max dan Harga Resminya di Indonesia

Untuk varian dasar – iPhone 16 dan iPhone 16 Plus akan memiliki sistem kamera lensa ganda, dengan lensa sudut lebar dan lensa sudut ultra lebar. Lensa sudut ultra lebar mungkin juga memiliki kemampuan fokus otomatis dan makro, mirip dengan model Pro.

Keempat model iPhone 16 diharapkan memiliki kamera depan 12 megapiksel, dengan fitur baru bernama Face ID 2.0, yang memungkinkan pengenalan wajah lebih cepat dan akurat, bahkan dalam kondisi cahaya redup atau saat mengenakan masker.

4. Rekaman 3D untuk Vision Pro

Sementara itu, salah satu fitur paling berspekulasi yang dikatakan Apple akan diperkenalkan dengan seri iPhone 16 adalah perekaman video spasial, yang memungkinkan pengguna merekam video 3D imersif yang dapat dilihat di headset Vision Pro, perangkat augmented reality Apple yang dikabarkan.

Perekaman video spasial akan menggunakan kamera belakang yang disejajarkan secara vertikal, yang juga memungkinkan penginderaan kedalaman dan efek mode potret yang lebih baik. Perekaman video spasial akan tersedia di keempat model, tetapi model Pro mungkin memiliki opsi resolusi dan kecepatan bingkai yang lebih tinggi.

5. Desain baru

Semua model iPhone 16 dikatakan memiliki fitur Tombol Aksi, yang saat ini terbatas pada model iPhone 15 Pro. Tombol Tindakan adalah tombol yang dapat disesuaikan yang dapat digunakan untuk meluncurkan aplikasi, mengontrol pengaturan, atau melakukan tindakan, seperti mengambil tangkapan layar atau mengaktifkan Siri.

Selain Tombol Aksi, model iPhone 16 juga dikatakan menyertakan Tombol Tangkap baru, yang terletak di sisi kanan perangkat, di bawah tombol daya. Tombol Tangkap akan digunakan untuk memulai dan menghentikan perekaman video dengan cepat, tanpa harus berpindah mode atau mengetuk layar. Tombol Tangkap juga akan memiliki fungsi tekan lama, yang memungkinkan pengguna merekam video gerak lambat atau selang waktu.

Baca Juga: Gara-Gara IMEI, 176.000 iPhone Bakal Diblokir

6. Pengisian Daya Nirkabel

Menurut rumor yang beredar, jajaran iPhone 16 akan menampilkan teknologi baterai bertumpuk yang akan meningkatkan daya dan umur panjang perangkat. Baterai baru juga akan memungkinkan kecepatan pengisian yang lebih cepat, baik dengan kabel maupun nirkabel. 

Foto yang diklaim sebagai baterai iPhone 16 Pro muncul secara online bulan lalu, menunjukkan bentuk yang berbeda, colokan yang dimodifikasi, dan kapasitas 3355mAh.

7. Tanggal Rilis

Seri iPhone 16 diperkirakan akan dirilis pada September 2024, mengikuti siklus tahunan ponsel andalan Apple seperti biasanya. Model iPhone 16 mungkin memiliki kisaran harga yang sama dengan model iPhone 15.

Khususnya, semua spesifikasi, fitur, dan harga masih dikabarkan dan detail aslinya akan diungkap oleh Apple selama acara tersebut. Untuk mendapatkan gambaran lengkapnya, kita harus menunggu. 

Nah itulah bocoran spesifikasi iPhone 16 yang bakal dirilis tahun 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News