Santai

Bisa Meredakan Stres, Ini 5 Manfaat Konsumsi Ashwagandha Obat Herbal dari India

Bisa Meredakan Stres, Ini 5 Manfaat Konsumsi Ashwagandha Obat Herbal dari India

MOMSMONEY.ID - Berdasarkan penelitian, ada beberapa manfaat ashwagandha yang baik untuk kesehatan.

Ashwagandha adalah salah satu jenis obat herbal populer dari India yang dijadikan suplemen kesehatan.

Ashwagandha juga dikenal sebagai ginseng India dengan nama ilmiah Withania somnifera yang akar dan buahnya digunakan untuk obat berkhasiat.

Bagi yang ingin tahu, berikut ada beberapa daftar manfaat ashwagandha yang bisa dicatat:

Baca Juga: Selain Bikin Tidur Nyenyak, 4 Makanan Tinggi Magnesium Ini Punya Manfaat Lain Juga

Meredakan peradangan

Peradangan atau inflamasi bisa menimbulkan rasa sakit pada tubuh. Rasa sakit karena peradangan sendiri bisa di reda kan dengan mengonsumsi ashwagandha.

Jika tidak segera di reda kan, peradangan bisa menjadi hal kronis yang menghambat kesehatan tubuh.

Meredakan gejala PCOS

Dehydroepiandrosterone sulphate atau DHEA-S adalah hormon yang mengatur produksi testosteron dan estrogen, serta mendukung kesehatan adrenal.

Menurut laman Byrdie, kadar DHEA-S pada wanita menimbulkan gejala hiperandrogenisme seperti gangguan kesuburan, penurunan menstruasi, bertambahnya rambut di tubuh dan wajah, serta gejala utama PCOS.

Mengonsumsi ashwagandha bisa mengelola stres dan menurunkan kadar kortisol dalam beberapa minggu.

Baca Juga: 4 Manfaat Minum Kopi Hitam Buat Kesehatan Jika Dikonsumsi Rutin, Apa Saja?

Meredakan stres

Beberapa penelitian menyebutkan kemampuan ashwagandha untuk menurunkan tingkat stres dan kecemasan secara signifikan. Ashwagandha khususnya dapat membantu menyeimbangkan tingkat stres.

Salah satu alasan ashwagandha dapat membantu mengurangi dan menyeimbangkan stres adalah dengan menurunkan kadar kortisol dalam tubuh.

Kortisol adalah hormon stres utama tubuh, ketika kadar kortisol meningkat, Anda mungkin mengalami gejala seperti peningkatan detak jantung dan tekanan darah karena stres.

Meningkatkan kesuburan

Terutama bagi pria, ashwagandha juga dapat memberikan manfaat reproduksi bagi pria. Melansir laman Forbes, pria tidak subur telah terbukti meningkatkan kualitas sperma secara signifikan dengan menyeimbangkan kembali kadar hormon reproduksi.

Setelah sebuah penelitian, 14% pasangan pasien pria hamil. Peneliti lain menemukan bahwa ashwagandha mampu meningkatkan kadar testosteron pada peserta pria tetapi tidak pada peserta wanita.

Mempertajam ingatan

Ashwagandha telah digunakan secara tradisional untuk meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif, dan juga dapat meningkatkan suasana hati.

Sebab, ashwagandha dapat membantu meningkatkan kognisi, memori dan kemampuan untuk melakukan respons motorik. Penelitian kecil menemukan bahwa ashwagandha mampu meningkatkan reaksi selama tes kognisi dan psikomotorik.

Jika sudah tahu manfaat kesehatan ashwagandha, apakah Anda tertarik mencobanya?

Selanjutnya: Realisasi Investasi Sektor Minerba Capai US$ 2,4 miliar di Semester I-2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News