Santai

Selain Bikin Tidur Nyenyak, 4 Makanan Tinggi Magnesium Ini Punya Manfaat Lain Juga

Selain Bikin Tidur Nyenyak, 4 Makanan Tinggi Magnesium Ini Punya Manfaat Lain Juga

MOMSMONEY.ID - Bisa membantu tidur makin nyenyak, kenali beberapa jenis dan manfaat makanan yang mengandung tinggi magnesium berikut ini.

Magnesium adalah salah satu kandungan nutrisi yang kerap disebut mampu membuat tidur jadi makin nyenyak.

Padahal, magnesium juga memiliki beragam manfaat lain bagi keseluruhan fungsi tubuh, seperti regulasi gula darah dan tekanan darah.

Karena memiliki beragam manfaat baik, penting untuk selalu mengonsumsi magnesium yang tersedia dalam bentuk suplemen maupun makanan.

Nah, agar lebih mudah, berikut Momsmoney mencatat beberapa jenis makanan yang mengandung tinggi magnesium:

Baca Juga: Ibu Hamil Tak Boleh Konsumsi 4 Makanan Ini, Berbahaya Buat Kandungan

Cokelat murni

Cokelat murni atau dark chocolate adalah salah satu jenis makanan enak yang tinggi magnesium. Setiap 25 gram cokelat mengandung sebanyak 65 mg magnesium di dalamnya.

Selain itu, cokelat murni juga tinggi zat besi, tembaga, dan mangan serta mengandung serat prebiotik yang dapat membantu memberi makan bakteri baik di usus.

Untuk memaksimalkan manfaat cokelat murni, pilihlah produk yang mengandung setidaknya 70% padatan kakao atau lebih.

Alpukat

Makanan selanjutnya yang juga mengandung tinggi magnesium adalah alpukat. Laman Health Line mencatat bahwa satu buah alpukat berukuran sedang mengandung sebanyak 58 mg magnesium.

Di samping tinggi magnesium, buah ini juga tinggi potasium, vitamin B, dan vitamin K. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa makan alpukat dapat mengurangi peradangan, meningkatkan kadar kolesterol baik, dan meningkatkan perasaan kenyang setelah makan.

Baca Juga: 5 Jenis Minyak Sehat Aman untuk Kesehatan, Bukan Cuma Minyak Zaitun

Kacang

Satu ons kacang tanah mengandung 48 miligram magnesium. Kacang lain yang termasuk mengandung banyak magnesium adalah almon, mete, dan kacang Brazil.

Kebanyakan kacang-kacangan merupakan sumber serat dan lemak tak jenuh yang baik serta telah terbukti meningkatkan kadar gula darah dan kolesterol baik pada penderita diabetes.

Kacang-kacangan bersifat anti-inflamasi, bermanfaat bagi kesehatan jantung, dan dapat menurunkan nafsu makan jika disantap sebagai camilan.

Bayam

Melansir laman Pop Sugar, bayam mengandung 150 mg magnesium dalam setiap satu cup-nya. Selain bayam, sayuran hijau lain seperti kale, sawi, dan lobak juga termasuk memiliki tinggi kandungan magnesium.

Di samping itu, sayuran berdaun hijau seperti bayam bisa menjadi sumber nutrisi yang sangat baik, termasuk zat besi, mangan, dan vitamin A, C, dan K.

Sayuran hijau juga mengandung banyak senyawa tumbuhan bermanfaat, yang membantu melindungi sel dari kerusakan dan mengurangi risiko kanker.

Nah, itulah tadi beberapa jenis sumber makanan yang mengandung tinggi kandungan magnesium dan manfaatnya. Tak cuma bikin nyenyak tidur saja, kan?

Selanjutnya: Banyak ASN Obesitas, Ini Bahaya & Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita & Pria

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News