Keluarga

Bikin Tagihan Listrik Naik Drastis, Ini Cara Hemat Saat AC Menyala Seharian

Bikin Tagihan Listrik Naik Drastis, Ini Cara Hemat Saat AC Menyala Seharian

MOMSMONEY.ID - Lakukan cara di bawah ini untuk mengurangi tagihan listrik yang naik drastis saat AC menyala seharian, yuk.

Saat suhu panas di siang hari menyerang, AC adalah salah satu penyelamat Anda dan keluarga. Namun, sayangnya menyalakan AC sepanjang hari sudah pasti akan meningkatkan tagihan listrik secara drastis.

Air conditioner (AC) adalah benda yang paling banyak dicari saat musim panas tiba.  

Meski memberikan rasa nyaman saat hawa panas, menyalakan AC bisa menyiksa dompet Anda, lo, Moms. Menyalakan AC sepanjang hari pastinya akan menaikkan tagihan listrik secara drastis.

Sekarang pertanyaannya, adakah cara mengurangi tagihan listrik saat AC menyala seharian? 

Baca Juga: Resep Asam Padeh Ikan Tanpa Santan, Hidangan Tradisional Sehari-hari khas Minangkabau

Melansir berbagai sumber, ini cara mengurangi tagihan listrik yang naik dratis saat AC menyala seharian.

Jangan terlalu sering menyalakan dan mematikan AC

Saat Anda hanya pergi sebentar dari rumah atau ruangan yang berAC Anda tak perlu mematikannya untuk mengurangi tagihan listrik. Sebab dengan mematikan AC, suhu udara di ruangan akan mengikuti suhu sebelum AC menyala. 

Lalu saat Anda menyalakan AC lagi maka AC akan bekerja keras lagi untuk membuat suhu udara lebih dingin dan sejuk. Tentu ini akan membuat tagihan listrik membengkak alias naik dratis. 

Jangan pernah mengatur suhu AC ke suhu minimal

Untuk mengurangi tagihan listrik saat AC menyala seharian, jangan pernah mengatur suhu AC ke suhu minimal 16-18oC.. Pada dasarnya tubuh kita didesain untuk merasa nyaman dengan suhu udara 22-24oC. 

Maka ada baiknya untuk mengatur suhu sewajarnya. Sebab jika suhu diluar menyentuh 30oC dan Anda mengatur suhu AC ke suhu minimal maka AC akan bekerja keras untuk mendinginkan ruangan dan membuat tagihan listrik meningkat. 

Nyalakan pengatur waktu

Untuk mengurangi tagihan listrik karena AC menyala seharian ada baiknya Anda mengaktifkan pengatur waktu (timer). Terutama saat Anda tidur di malam hari, di mana suhu sudah dingin jadi Anda sebenarnya tak membutuhkan AC menyala semalaman. 

Baca Juga: Dijamin Bikin Tenang, Lakukan Ide Self Care Sesuai Love Language Ini Yuk

Pastikan ruangan benar-benar tertutup

Sebelum menyalakan AC, tutup pintu dan jendela ruangan. Ini akan membuat AC dengan cepat mendinginkan suhu ruangan, dan suhu dingin bisa bertahan lebih lama. Sehingga AC tak perlu bekerja keras dan tagihan listrik bisa turun di akhir bulan. 

Pastikan unit AC outdoor tidak langsung terkena sinar matahari

Untuk mengurangi tagihan listrik saat menggunakan AC sepanjang hari, pastikan unit AC outdoor Anda tidak langsungterkena sinar matahari. Sebab ini akan membuat AC Andalan bekerja keras dengan mengurangi efisiensi kinerja AC. 

Demikian 5 cara mengurangi tagihan listrik yang naik dratis saat Anda menyalakan AC seharian. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya: Catat Histori Keuangan Semakin Fleksibel dengan QLola by BRI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News