AturUang

Berikut Manfaat Asuransi Untuk Menjaga Keuangan Kita

Berikut Manfaat Asuransi Untuk Menjaga Keuangan Kita

MOMSMONEY.ID – Proteksi diri Anda sejak dini. Sering kali, kita melupakan asuransi untuk perlindungan diri padahal asuransi dapat membantu dalam menjaga kestabilan finansial, khususnya untuk jangka panjang.

Jadi moms, asuransi bukan sekedar produk keuangan biasa, tetapi sebuah sarana proteksi yang esensial dalam menghadapi berbagai risiko kehidupan yang tidak terduga. Risiko-risiko ini termasuk sakit, kecelakaan, cacat permanen, atau bahkan kematian.

Setiap risiko ini bisa mendatangkan beban finansial yang berat, dan tanpa perlindungan yang memadai, dapat berdampak terhadap kestabilan finansial untuk Anda. Nah, untuk itu asuransi menjadi manfaat penting bagi kita, lalu apa saja sih keuntungan kita memiliki asuransi? PT Bank Central Asia Tbk (BCA) telah menyimpulkannya di bawah ini, yuk simak :

Baca Juga: Promo Bunga KPR Maybank, Ada Tawaran Bunga 3,75%

1. Proteksi dari Kejadian Tidak Terduga

Tanpa asuransi, dampak finansial dari kejadian tak terduga bisa sangat besar. Misalnya, penyakit kritis yang tiba-tiba menyerang dapat menghabiskan biaya perawatan yang tidak sedikit. Atau terjadi kecelakaan yang dapat menyebabkan hilangnya kemampuan dalam mencari sumber penghasilan.

Hal ini bisa menyebabkan tabungan dan investasi yang telah dipersiapkan untuk masa depan terpakai untuk biaya pengobatan ataupun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, memiliki asuransi dapat menjadi langkah penting untuk melindungi keuangan dari risiko-risiko tak terduga ini.

2. Premi Asuransi sebagai Pengalihan Risiko

Membayar premi asuransi secara berkala mungkin dapat terlihat seperti beban finansial tambahan. Namun, jika dilihat secara jangka panjang, premi asuransi yang dibayarkan adalah bentuk pengalihan risiko ke perusahaan asuransi.

Dengan membayar premi, kamu memindahkan beban risiko keuangan ke perusahaan asuransi yang akan memberikan proteksi finansial ketika dibutuhkan. Ini adalah konsep dasar dari pentingnya asuransi sebagai alat pengelolaan risiko finansial.

Baca Juga: Promo Bunga KPR BRI, Mulai dari 3,25%

3. Salah Satu Pilar Kebebasan Finansial

Salah satu tujuan utama dari perencanaan keuangan adalah mencapai kebebasan finansial, di mana investasi dan tabungan dapat memenuhi biaya kebutuhan hidup sehari-hari untuk jangka panjang tanpa harus bergantung pada pekerjaan yang dilakukan.

Asuransi memiliki peran penting dalam mencapai tujuan ini karena menyediakan jaring pengaman finansial atas investasi dan tabungan yang dimiliki. Sehingga pengeluaran atas risiko tak terduga tidak ditanggung dengan menggunakan investasi ataupun tabungan, tapi ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News