Bugar

Benarkah Olahraga Bisa Mengatasi Stres? Jawabannya Ada Di Sini!

Benarkah Olahraga Bisa Mengatasi Stres? Jawabannya Ada Di Sini!

MOMSMONEY.ID - Stres adalah bagian alami dari kehidupan sehari-hari. Namun, penting untuk menemukan cara yang efektif untuk mengatasi stres agar kita dapat menjalani hidup dengan lebih tenang dan bahagia. Salah satu cara yang sering direkomendasikan untuk mengurangi stres adalah dengan berolahraga. Tetapi, benarkah olahraga bisa mengatasi stres?

Olahraga bisa mengatasi stres

Bersumber dari Medical News Today, keterlibatan dalam olahraga dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam menghadapi tekanan emosional yang disebabkan oleh stres.

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2014 menunjukkan bahwa stres menyebabkan penurunan suasana hati positif yang lebih kecil di kalangan mereka yang rutin berolahraga. Di sisi lain, individu yang tidak aktif mengalami penurunan suasana hati yang lebih signifikan.

Hasil ini menggambarkan bahwa berpartisipasi dalam olahraga secara teratur dapat meningkatkan ketahanan emosional seseorang dan membantu mereka menghadapi situasi dengan tekanan.

Walaupun demikian, perlu dicatat bahwa penelitian ini tidak menetapkan hubungan langsung sebab-akibat antara tingkat stres dan kebiasaan berolahraga. Ada kemungkinan bahwa faktor-faktor lain dapat berperan, seperti kondisi kesehatan kronis yang menghambat olahraga, yang dapat menyebabkan tingkat stres yang lebih tinggi secara keseluruhan.

Baca Juga: Tidak Baik untuk Kesehatan, Inilah 6 Cara Berhenti Overthinking

Rekomendasi olahraga untuk mengatasi stres

Berolahraga sebagai cara untuk mengurangi stres telah menjadi fokus dari banyak penelitian. Meskipun penekanan sering kali ditempatkan pada aktivitas aerobik, ini tidak berarti bahwa jenis latihan lainnya, seperti latihan kekuatan, tidak efektif.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Anda direkomendasikan untuk mencapai 150 menit latihan aerobik sedang atau 75 menit latihan aerobik yang intensitasnya tinggi setiap minggu untuk mengatasi stres.

Individu yang mengalami stres terkait pekerjaan mungkin memilih untuk membagi latihan harian mereka menjadi sesi yang lebih pendek. Ini dapat dilakukan sebelum jam kerja dimulai, saat istirahat makan siang, atau setelah jam kerja berakhir.

Banyak jenis aktivitas fisik yang termasuk dalam kategori latihan aerobik. Namun, American Heart Association (AHA) merekomendasikan jalan cepat sebagai pilihan yang baik. Anda juga dapat memilih aktivitas lain yang disukai, seperti berenang, senam, atau bersepeda.

Baca Juga: 7 Workout Sederhana di Rumah, Cocok Dilakukan Saat Weekend!

Demikianlah pembahasan terkait olahraga bisa mengatasi stres. Olahraga adalah salah satu cara yang efektif untuk mengatasi stres dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu saja, olahraga juga dapat mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan, tidak hanya mengatasi stres semata. Jadi, jangan lupa untuk luangkan waktu berolahraga, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News