Bugar

7 Workout Sederhana di Rumah, Cocok Dilakukan Saat Weekend!

7 Workout Sederhana di Rumah, Cocok Dilakukan Saat Weekend!

MOMSMONEY.ID - Ada apa saja rekomendasi gerakan workout sederhana di rumah? Yuk, simak beberapa di antaranya berikut ini!

Pentingnya menjaga kebugaran tubuh tidak bisa diabaikan, terutama di era modern di mana gaya hidup sering kali cenderung kurang aktif. Salah satu cara terbaik untuk tetap aktif adalah dengan melakukan workout sederhana di rumah, bahkan saat weekend.

Jika Anda mencari pilihan workout sederhana yang bisa dilakukan di rumah, dilansir dari Healthline, berikut adalah tujuh latihan yang bisa Anda pertimbangkan:

Baca Juga: Kenapa Setelah Olahraga Badan Sakit? Ternyata Ini Penyebabnya!

1. Push-Up

Latihan ini efektif untuk menguatkan otot dada, bahu, dan trisep. Lakukan push-up dengan tangan sejajar dengan bahu dan tubuh Anda lurus dari kepala hingga kaki. Tekuk siku Anda hingga dada hampir menyentuh lantai, lalu dorong tubuh Anda kembali ke posisi awal.

2. Squat

Squat adalah latihan yang bagus untuk memperkuat otot paha, hamstring, dan gluteus. Berdiri dengan kaki selebar bahu dan lengan di depan Anda. Tekuk lutut Anda dan turunkan tubuh Anda ke bawah seolah-olah Anda akan duduk di kursi. Pastikan untuk menjaga punggung lurus dan berat badan di tumit Anda.

Baca Juga: 5 Olahraga untuk Mengecilkan Perut, Dijamin Cepat Langsing!

3. Plank

Plank melibatkan otot-otot inti, punggung, bahu, dan kaki. Mulailah dengan posisi push-up dan tahan tubuh Anda dalam garis lurus dari kepala hingga kaki, dengan berat badan didukung oleh lengan bawah dan jari kaki Anda. Tahan posisi ini selama beberapa detik hingga satu menit, sesuai dengan tingkat kebugaran Anda.

4. Lunges

Lunges membantu menguatkan otot paha dan gluteus. Mulailah dengan berdiri tegak, lalu langkahkan salah satu kaki ke depan dan tekuk lutut hingga membentuk sudut 90 derajat. Pastikan lutut belakang hampir menyentuh lantai dan lutut depan berada di atas pergelangan kaki. Kembali ke posisi berdiri dan ulangi dengan kaki yang lain.

Baca Juga: Meski Sama-sama Dipakai di Gym, Ini Beda Sepatu Weightlifting dan Cardio

5. Crunches

Crunches adalah latihan yang bagus untuk mengencangkan otot perut. Berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan kaki rata di lantai. Tempatkan tangan di belakang kepala atau di dada, angkat bahu Anda dari lantai menuju arah lutut Anda, dan rasakan kontraksi pada otot perut Anda. Turunkan bahu Anda kembali ke lantai dan ulangi gerakan tersebut.

6. Jumping Jacks

Jumping jacks adalah latihan kardio yang menyenangkan dan efektif. Mulailah dengan berdiri tegak dengan kaki rapat dan lengan di samping tubuh. Loncat ke atas sambil mengangkat tangan Anda di atas kepala dan kaki Anda ke samping. Loncat lagi ke posisi awal dan ulangi gerakan tersebut dengan cepat.

Baca Juga: Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol, Ayo Coba

7. Burpees

Burpees adalah latihan total tubuh yang memadukan squat, push-up, dan loncatan. Mulailah dengan berdiri tegak, lalu turunkan tubuh Anda ke posisi squat dengan tangan di lantai. Lompatkan kaki Anda ke belakang sehingga Anda berada dalam posisi push-up. Lakukan satu push-up, lalu lompatkan kaki Anda kembali ke arah tangan Anda dan loncat ke atas dengan tangan di atas kepala. Ulangi gerakan ini secara berurutan.

Itulah beberapa rekomendasi workout sederhana di rumah yang bisa Anda coba. Meskipun Anda berada di rumah saat weekend, tidak ada alasan untuk tidak tetap aktif. Dengan melakukan gerakan workout seperti di atas, Anda dapat menjaga tubuh tetap bugar dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Lakukan latihan ini secara teratur, setelah itu rasakan perubahan positif dalam kebugaran tubuh Anda. Jadi, luangkan waktu saat weekend Anda untuk melakukan latihan ini dan rasakan manfaatnya untuk tubuh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News