MOMSMONEY.ID - InMobi, penyedia layanan konten monetasi dan teknologi marketing baru saja merilis The 2022 Indonesia Holiday Shopping Guide, survei yang menunjukkan kecendrungan belanja konsumen menjelang masa liburan di Indonesia.
Survei ini dilakukan kepada 1.009 pengguna smartphone di Indonesia dengan mengamati anggaran belanja, preferensi serta saluran konsumen di kawasan tersebut.Survei ini menunjukkan bahwa aplikasi mobile telah mengambil alih belanja desktop dan in store sebagai saluran belanja pilihan di Indonesia.
Sebanyak 77% responden berencana melakukan pembelian melalui aplikasi mobile dan di tahun ini 5 dari 10 responden mengungkap mereka baru mencoba model pembayaran digital.
“Dengan prevalensi dan pertumbuhan mobile shopping di Indonesia, brand dapat memprioritaskan mobile sebagai marketing channel yang matang dan efekti untuk mendekati konsumen," ujar Managing Director Asia Pacific InMobi Rishi Bedi dalam keterangan tertulis, Kamis (13/10).
Dia juga melanjutkan, melihat masa liburan identik dengan penjualan, konsumen di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya menghabiskan lebih banyak waktunya untuk berbelanja melalui mobile. Karenanya, brand dapat memanfaatkan strategi keterlibatan mobile-first secara proaktif menangkap pangsa pasar selama periode kompetitif ini, juga bisa membantu brand menjadi yang terdepan.
Baca Juga: Dikenal Loyal dan Patuh, Ini 6 Ras Anjing Paling Setia
Laporan InMobi ini juga menunjukkan pengalaman belanja dan perilaku pembelian online, konsumen Indonesia dapat dikategorisasi menjadi tiga tipe, yaitu Category Explorers (45%), Bargain Hunters (32%) dan Brand Lovers (23%).
Sementara itu, InMobi pun membagikan wawasan tambahan tentang preferensi belanja konsumen untuk musim liburan di Indonesia, serta tren dan rekomendasi belanja berkaitan dengan strategi marketing mobile-first, yakni:
- Loyalitas terhadap brand semakin lancar dengan 5 dari 10 responden berencana untuk beralih ke merek yang tidak terlalu mahal dan 57% sudah mencoba brand baru sepanjang tahun.
- Barang yang paling banyak dibeli masyarakat Indonesia melalui aplikasi mobile tahun ini adalah produk skincare dan make-up, pakaian dan aksesoris, serta gadget.
- Event penjualan paling penting dan populer yang akan datang di Indonesia adalah 11.11 dan 12.12, ketika semua tipe pembelanja berencana untuk melakukan pembelian dalam fase “buy” dari perjalanan belanja mereka.
- Empat tren belanja untuk musim liburan 2022 adalah: belajar, menjelajahi, dan membeli saat bepergian (on the go), menggunakan saluran yang berbeda untuk merealisasikan kebiasaan belanja yang sama; lonjakan fenomenal dalam belanja online, dan kunjungan ke toko lebih selektif.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News