Keluarga

Begini Tanda Ada Kutu Kasur di Tempat Tidur & Cara Menghilangkannya!

Begini Tanda Ada Kutu Kasur di Tempat Tidur & Cara Menghilangkannya!

MOMSMONEY.ID - Kutu kasur bisa memberi sensasi gatal luar biasa. Oleh karena itu simak tanda-tand yang perlu Anda kenali jika ada kutu kasur di tempat tidur Anda dan bagaimana cara menghilangkannya!

Saat akan tidur karena kelelahan beraktivitas seharian, tentu Anda tidak ingin mendapatkan gigitan dari serangga yang satu ini. Jika tergigit, seluruh tubuh akan terasa gatal luar biasa dan akan menjadi parah jika digaruk terus menerus. Bahkan dalam beberapa kasus kulit terlihat seperti melepuh dengan adanya cairan pada kulit. 

Baca Juga: 4 Cara Mencukur Bulu Ketiak yang Benar agar Tidak Iritasi, Sudah Tahu?

Lalu, apa penyebab munculnya kutu kasur?

Kutu kasur biasanya senang dengan kasur atau sofa yang kotor dan kembab. Mereka akan bersembunyi di sekitar tempat tidur dan sofa seperti celah yang ada, retakan tembok, sandaran kepala dan meja samping tempat tidur. 

Bagaimana tanda-tanda ada kutu kasur?

Melansir Apartment Therapy, kutu kasur suka dekat dengan manusia. Sehingga mulailah cari di sekitar kasur. 

“Mulailah dengan memeriksa jahitan, lipatan dan label kasur serta seluruh permukaan kasur. Periksa juga furnitur di sekitarnya seperti retakan dan celah yang terlihat, sambungan antara dinding dan lantai atau karpet yang dekat dengan kasur,” Allan Bossel, Pemilik Michigan Bed Bug Specialist.

Baca Juga: BMKG Deteksi Badai Siklon Tropis Soulik yang Bikin Cuaca Hujan Lebat di Provinsi Ini

Anda mungkin membutuhkan kaca pembesar untuk menemukan telur, nimfa dan kutu kasur dewasa. Anda perlu mencari noda kecil seperti tinta gelap, ini adalah kotoran kutu kasur dan salah satu tanda pertama yang bisa Anda lihat. 

Bagaimana cara menghilangkan kutu kasur?

Cara menghilangkan kutu kasur, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan semua barang yang berserakan. Jika sudah, gunakan vacuum yang memiliki kantong plastik di bagian untuk menyimpan penumpukan debu. Jika sudah segera buang ke luar rumah. 

Selanjutnya, cuci semua benda yang sudah terkena kutu kasur. Mulai dari kasur, baju hingga seprai. Cuci mengggunakan air panas dan keringkan. 

Langkah terakhir, masukan seprai dan kasur dalam kantong plastik. Tutup rapat dan biarkan minimal satu tahun. Jika Anda masih melihat banyak kutu kasur segera hubungi jasa pembersih profesional. 

Baca Juga: 4 Kelebihan Skincare Vegan untuk Kulit, Benarkah Aman untuk Kulit Sensitif?

Bagaimana cara mencegah kutu kasur kembali menginfeksi tempat tidur?

Hal utama yang perlu Anda lakukan adalah menjaga kebersihan. Jangan biarkan ada tumpukan kotoran yang lembab dan tutup semua retakan. Anda juga bisa menggunakan steamer untuk membunuh telur kutu kasur. 

Demikian informasi tanda-tanda ada kutu kasur di tempat tidur, cara menghilangkan dan cara mencegah kutu kasur kembali menginfeksi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Selanjutnya: Gara-Gara Masalah Ini, China Bekukan Aset 9 Perusahaan AS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News