Keluarga

Begini lo Cara Menjaga Kulkas Supaya Tetap Dingin

Begini lo Cara Menjaga Kulkas Supaya Tetap Dingin

MOMSMONEY.ID - Bagaimana cara menjaga kulkas supaya tetap dingin dan awet? Simak caranya di bawah ini.

Melansir Woman and Home, kulkas harus memilliki suhu antara 3 sampai 5 derajat Celcius. Ini akan memastikan makanan tetap segar dan mencegah bakteri tumbuh dan mengjontaminasi makanan lain. 

Nah, selain perlu menjaga suhu kulkas sesuai yang disarankan, Moms juga perlu melakukan perawatan untuk memastikan kulkas selalu dalam kondisi dingin. Yuk, intip caranya.

Baca Juga: Ternyata, Ini lo Temperatur yang Tepat untuk Kulkas Anda

Cara menjaga kulkas di rumah tetap dingin

Rutin periksa segel pada pintu kulkas

Setiap kulkas, pada bagian pintunya akan dikeliling segel yang berupa karet. Segel ini berfungsi untuk membantu menjaga suhu dingin pada kulkas dan mencegah suhu panas dari luar masuk. 

Nah, segel pada pintu ini bisa jadi rusak atau mengalami penurunan kualitas sehingga Anda perlu memeriksa secara rutin.

Jika ada kebocoran pada segel, udara dingin bisa keluar dari kulkas dan membuat kulkas jadi bekerja lebih ekstra dan membuat biaya listrik lebih boros. 

Selalu tutup pintu kulkas sesegera mungkin

Saat mengambil makanan yang ada di dalam kulkas, pastikan Anda segera menutup pintu kulkas setelah mengambilnya. Jangan biarkan pintu kulkas terbuka dalam waktu yang lama jika ingin menjaga kulkas tetap dingin. 

Setiap kali pintu kulkas terbuka, udara dingin akan keluar dan membuat udara yang lebih hangat masuk. Ini akan membuat kulkas bekerja lagi dari awal untuk mendingingkan lagi. 

Maka, jangan sering membuka pintu kulkas. Sebelum membuka pintu kulkas, pastikan bahan apa saja yang akan Anda ambil sehingga bisa mendapatkan semua bahan yang dibutuhkan dalam satu kali buka kulkas. 

Baca Juga: 8 Makanan Ini Bisa Rusak Jika Disimpan Di Kulkas lo!

Pastikan kulkas selalu tertata rapi

Bagaimana Anda menata dan menumpuk produk di kulkas akan mempengaruhi suhu di dalamnya. Artinya, menjaga kulkas tetap rapi bisa membuat suhu di dalam kulkas tetap dingin. 

Saat rak pada kulkas penuh, ini memudahkan kulkas untuk tetap dingin. Namun, jangan sampai kulkas terlalu penuh. Sisakan sekitar 20% ruang tersisa untuk memastikan kulkas bekerja dengan efisien. 

Hanya simpan makanan yang dingin

Kulkas adalah tempat paling aman untuk menyimpan sisa makanan. Tapi, pastikan makanan sudah benar-benar dingin sebelum menyimpannya di kulkas. 

Makanan yang panas bisa membuat suhu di dalam kulkas panas yang bisa membuat bakteri tumbuh dengan cepat di makanan lain yang ada di dalan kulkas. Selain itu, jangan simpan daging mentah di dekat daging matang karena akan mengkontaminasi. 

Demikian cara menjaga kulkas tetap terasa dingin. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News