Keluarga

Begini lo Cara Membersihkan Furnitur Kayu di Rumah Anda

Begini lo Cara Membersihkan Furnitur Kayu di Rumah Anda

MOMSMONEY.ID -  Furnitur yang terbuat dari kayu sangat umum digunakan di rumah. Anda tentu harus merawatnya supaya awet hingga puluhan tahun. Salah satunya dengan cara membersihkan dengan benar. 

Melansir Livspace, cara membersihkan furnitur kayu di rumah Anda adalah memahami lapisan terluarnya. Entah hanya diberi cat atau sudah dipernis atawa lapisan minyak. 

Nah, untuk mengetahui furnitur Anda diberi lapisan minyak atau tidak, begini cara ceknya. Anda bisa memberikan tetesan seed oil atau minyak biji rami ke kapas kemudian gosok ke furnitur Anda. 

Jika minyak Anda hilang, maka furnitur kayu di rumah Anda memiliki lapisan minyak. Nah, dengan ada lapisan minyak, cara membersihkannya berbeda. 

Kalau furnitur kayu Anda dipernis, coba cek dengan menggosok alkohol di bagian tertutup furnitur Anda. Diamkan lima menit, jika bagian tersebut menjadi lengket, maka furnitur kayu Anda sudah dipernis.

Baca Juga: Promo Cinema XXI Februari 2023, Beli e-Voucher Diskon 30% Tiket Nonton Pakai Sakuku

Cara membersihkan furnitur kayu Anda di rumah

1. Cara membersihkan furnitur kayu Anda yang sudah dicat

Cara membersihkan furnitur kayu yang sudah dicat adalah dengan cara menghilangkan debunya terlebih dahulu. Kemudian, Anda bisa mencampur sabun dengan air dan semprotkan ke furnitur Anda.

Lalu, lap dengan kain microfiber. Setelah itu, lap dengan kain lain yang kering supaya tidak mudah berjamur. 

2. Cara membersihkan furnitur kayu yang sudah dilapisi minyak

Cara membersihkan furnitur kayu yang sudah dilapisi minyak atau sudah dipernis adalah dengan menggunakan teh hitam. Seduh lima kantong teh hitam dengan air panas selama 10 menit. 

Kemudian, rendam kain di dalam air seduhan tersebut, peras dan lap ke furnitur Anda. Selanjutnya, tunggu hingga kering. 

3. Cara membersihkan furnitur kayu anyaman

Cara membersihkan furnitur kayu ini Anda perlu mencampurkan minyak zaitun dengan cuka putih (perbandingan sama). Kemudian, gosok ke furnitur Anda, setelah itu lap dengan kain kering. 

4. Cara membersihkan jamur dari furnitur kayu Anda

Cara membersihkan jamur dari furnitur kayu Anda adalah dengan sikat menggunakan sikat berukuran sedang atau vacum cleaner yang memiliki sikat berbulu. Lalu, silakan semprot campuran sabun dengan air atau menggunakan detergen.

Setelah itu, diamkan sebentar dan lap dengan kain kering. Jika ada warna yang berubah, Anda bisa memolesnya kembali. 

Baca Juga: Mau Ajukan Pinjaman Usaha? Simak Aturan KUR 2023 Terbaru Ini Yuk!

Nah, itu tadi cara membersihkan furnitur kayu di rumah Anda. Supaya furnitur kayu Anda lebih tahan lama, biasakan secara teratur membersihkan debu di atasnya.

Kemudian, gunakan baking soda jika ada bekas noda di atas kayu seperti bekas air dari gelas minuman. Anda juga bisa sesekali memoles atau mempernisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News