Keluarga

Begini Cara Mengatasi Suhu Panas di Kamar Tidur saat Malam Hari

Begini Cara Mengatasi Suhu Panas di Kamar Tidur saat Malam Hari

MOMSMONEY.ID - Saat suhu udara di luar cukup panas, biasanya suhu kamar juga ikut panas. Dampaknya, tidur jadi terganggu. 

Akhir-akhir ini cuaca panas di Indonesia terasa hingga malam hari. Bagi Anda yang tidak memiliki AC kondisi ini tentu membuat tidur tidak nyaman.

Bahkan, bagi pengguna AC, saat suhu sudah terlalu dingin dan mematikan AC udara sangat cepat berubah menjadi panas.

Baca Juga: Begini Cara Menata Dapur Sesuai Feng Shui untuk Bawa Keberuntungan

Nah cara mengatasi suhu panas di kamar tidur saat akan tidur malam hari cukuplah mudah. Bagi Anda yang tidak memiliki AC cukup lakukan langkah-langkah di bawah ini, yuk.

Gunakan air dingin di botol termos

Salah satu cara untuk mengatasi suhu panas di kamar tidur adalah menggunakan salah satu botol tahan panas atau tahan dingin (termos). Isi dengan air dingin, dan letakan di antara seprai Anda. 

Menambahkan air ke dalam botol dan meletakannya di freezer sebelum digunakan akan membuat suhu kamar tidur jadi lebih sejuk.

Jika Anda tidak memiliki jenis botol ini, gunakan kaos kaki bersih yang diisi dengan beras kemudian letakan di freezer selama beberapa jam sebelum digunakan. 

Tambahkan pelapis kasur

Jika Anda belum memiliki anggaran untuk membeli kasur baru, cara mengatasi suhu kamar tidur yang panas adalah menggunakan pelapis atau pelindung kasur yang didesain cukup dingin saat bersentuhan dengan kulit. 

Pelapis kasur yang paling baik digunakan saat suhu udara panas terbuat dari lateks, wol, gel memory foam atau material lain yang bisa mencegah suhu panas saat Anda tidur. 

Siapkan semprotan air bersih

Cara mengatasi suhu udara panas di kamar tidur selanjutnya adalah dengan menyiapkan botol semprot yang diisi dengan air bersih. Gunakan untuk menyemprotkan air ke wajah dan leher Anda. 

Semprotan air ini dapat menurunkan suhu kulit dan udara di sekitar Anda. Sebab tetesan air ini menggunakan sebagian panas di udara untuk menguap. 

Baca Juga: Ini Lo Jenis Kucing yang Sesuai Zodiak Anda & Cocok Dipelihara

Cuci kaki Anda dengan air bersih

Cara mengatasi suhu udara panas di kamar tidur selanjutnya adalah membersihkan kaki dengan air bersih yang dingin. Ini akan membantu suhu tubuh Anda jadi lebih dingin dan menenangkan sistem saraf supaya lebih mudah tidur. 

Dinginkan bantal sebelum tidur

Bantal adalah faktor penting untuk menjaga tidur Anda lebih nyaman. Nah, bantal seringkali menjadi lokasi yang membuat kita paling mudah merasa panas. 

Maka cara selanjutnya untuk menjaga suhu kamar tidur tetap sejuk adalah mendinginkan bantal sebelum digunakan. Ketimbang membolak-balik bantal ke sisi yang lebih dingin, gunakan freezer atau kulkas. 

Caranya masukkan sarung bantal ke dalam kantong zip. Kemudian masukan ke dalam kulkas atau freezer selama beberapa jam sebelum Anda gunakan. 

Demikian cara mengatasi suhu udara panas di kamar tidur. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News