InvesYuk

Begini Cara Siapkan Dana Pendidikan untuk Anak!

Begini Cara Siapkan Dana Pendidikan untuk Anak!

MOMSMONEY.ID - Biaya pendidikan semakin tahun semakin meningkat. Sebagai orang tua Moms harus mulai menyiapkan dana pendidikan sedini mungkin. Bagaimana caranya? 

Kebutuhan biaya pendidikan akan semakin banyak, mulai dari uang pangkal, seragam hingga SPP bulanan. Untuk itu Moms harus mulai mencicil atau menyiapkan dana pendidian sedini mungkin. 

Baca Juga: 4 Serial Bertema Misteri Pembunuhan di Sekolah Ini Ada di Netflix Semua

Melansir Bibit, Anda bisa mulai menabung di reksa dana obligasi untuk menyiapkan dana pendidikan 3-5 tahun ke depan. 

Apabila anak Moms saat ini di jenjang KB, kelas 4 SD, kelas 1 SMP dan kelas 1 SMA, Moms perlu menyiapkan dana pendidikan dengan jangka waktu 3 tahun untuk ke jenjang selanjutnya. 

Apabila anak Moms saat ini kelas 2 SD, kelas 5 SD dan kelas 2 SMP, Moms perlu menyiapkan rencana keuangan jangka waktu 5 tahun ketika anak naik ke jenjang pendidikan selanjutnya. 

Lalu bagaimana cara menyiapkan dana pendidikan untuk anak? Sebenarnya ada dua cara yaitu menggunkan reksa dana obligasi atau deposito bank. 

Baca Juga: 4 Film Indonesia Bertema Olahraga Penuh Motivasi yang Wajib Ditonton

Jika Anda investasi rutin di reksa dana, dengan rutin menabung Rp 1,28 juta per bulan selama 3 tahun Moms bisa mendapatkan dana pendidikan Rp 50 juta. Apabila menabung Rp 1,44 juta per bulan maka dalam 5 tahun bisa mendapatkan dana pendidikan Rp 100 juta. 

Jika Anda investasi rutin di deposito bank per bulan Rp 1,32 juta dalan tiga tahun Moms bisa mendapatkan Rp 50 juta. Sedangkan dengan asumsi menabung rutin Rp 1,53 juta Moms bisa mendapatkan Rp 100 juta selama setahun. 

Ini dengan asumsi bunga deposito bank sebesar 4,25% dan reksa dana menggunakan Reksa Dana ABF Indonesia Bond Index Fund yang dalam tiga tahun memiliki imbal hasil 15%. 

Nah itu tadi dua cara menyiapkan dana pendidikan. Semoga artikel ini membantu ya Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News