Keluarga

Begini Cara Mencuci dan Merawat Baju Olahraga Moms

Begini Cara Mencuci dan Merawat Baju Olahraga Moms

MOMSMONEY.ID - Salah satu cara dan merawat baju olahraga Moms di rumah adalah dengan merendamnya menggunakan cuka untuk menghilangkan bakteri.

Baju olahraga biasanya didesain menggunakan bahan yang bisa menghilangkan kelembapan tubuh saat Anda berolahraga.

Baju olahraga umumnya terbuat dari serat buatan termasuk serat mikro nilon dan elastan. 

Namun, melansir The Spruce, karena didesain demikian, maka baju olahraga Anda akan sangat mudah bau. Sehingga, perlu cara mencuci dan merawat baju olahraga yang tepat. 

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Gigitan Nyamuk yang Ganggu Penampilan dengan Bahan Alami

Nah, bau dapat melekat pada serat poliester dalam jangka waktu yang panjang, lo. Untuk mencegahnya, bakteri perlu dihilangkan dari baju olahraga setiap kali selesai digunakan. 

Air panas atau panas yang dikeluarkan oleh mesin pengering dapat membunuh bakter pada baju olahraga Anda. Tapi, terlalu banyak panas bisa menyebabkan baju olahraga menyusut, melar, atau kehilangan bentuknya. 

Sebagai gantinya, coba menggunakan cuka putih dan soda kue yang dicampur dengan detergen.

Campuran ini bisa menghilangkan bakteri penyebab bau yang tertinggal selama siklus pencucian dan menyegarkan pakaian Anda tanpa menyebabkan kerusakan. 

Sebagai catatan, jangan pernah mencuci pakaian yang didesain khusus seperti baju olahraga bersama dengan baju lainnya. Yuk, simak cara mencuci dan merawat baju olahraga Moms di bawah ini.

Baca Juga: Pahami 6 Cara Mengatasi Kutu Air atau Tungiasis pada Kulit

Peralatan yang perlu disiapkan

  1. Ember
  2. Mesin cuci
  3. Gantungan jemur

Bahan yang perlu disiapkan

  1. Cuka putih
  2. Deterjen untuk kain halus

Cara mencuci baju olahraga

  • Campurkan cuka putih dan air dingin dengan perbandingan 1:4 di dalam ember. Rendam baju olahraga Anda selama 15-30 menit sebelum dicuci kemudian bilas. 
  • Cuci baju olahraga Anda dengan bahan yang serupa. Jangan lupa tutup resleting jika ada dan balik bagian dalam baju keluar. 
  • Tambahkan 2 sendok teh detergen.
  • Atur siklus mesin cuci dengan pengaturan paling lembut. 
  • Kemudian jangan keringkan baju olahraga Anda dengan mesin, sebaiknya langsung jemur dan biarkan mengering secara alami. 

Nah, baju olahraga Anda perlu dicuci setiap kali selesai digunakan. Jika Anda belum sempat mencuci di hari itu, gantung baju olahraga supaya kering sebelum Anda sempat mencucinya untuk mencegah bakteri berkembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News