Santai

7 Rekomendasi Sayuran Mudah Ditanam di Pot Kecil, Jadi Lebih Praktis dan Hemat Lahan

7 Rekomendasi Sayuran Mudah Ditanam di Pot Kecil, Jadi Lebih Praktis dan Hemat Lahan

MOMSMONEY.ID - Ruangan kecil bukanlah masalah untuk menanam sayuran di rumah. Anda dapat menanam sayuran di pot kecil. Ada 7 rekomendasi sayuran mudah ditanam di pot kecil. 

Sayuran mudah ditanam di pot kecil ini tentunya cocok untuk Anda yang ingin produktif bercocok tanam di lahan yang terbatas. 

Selain itu, sayuran mudah ditanam di pot kecil ini bermanfaat saat masa panen tiba. 

Baca Juga: Menanam Sayuran di Air Jadi Lebih Praktis, Simak Daftar Rekomendasinya

Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini sayuran mudah ditanam di pot kecil. 

1. Bayam

Bayam itu enak, bergizi, dan menanamnya hanya membutuhkan panci kecil untuk memberi Anda persediaan sayuran lezat yang tiada habisnya!

Pastikan mendapat banyak sinar matahari, dan jangan biarkan media tanam benar-benar kering!

2. Lobak

Lobak adalah sayuran akar yang tumbuh cepat dengan akar yang dangkal, sehingga ideal untuk pot kecil.

Dalam pot, mereka matang hanya dalam 3-4 minggu, jadi ya, Anda dapat menikmatinya kapan saja di piring Anda! Ingat, menggunakan campuran pot yang memiliki drainase yang baik akan membuatnya lebih enak!

3. Wortel

wortel

Jangan biarkan ukuran wortel yang besar membodohi Anda dengan berpikir bahwa Anda memerlukan pot yang lebih besar untuk ini. 

Varietas kecil seperti Little Finger, Thumbelina, dan Short 'n Sweet adalah pilihan bagus untuk ditanam dalam pot. Anda dapat menikmatinya sekitar 50 hingga 70 hari setelah tanam!

4. Daun Bawang

Sayuran bawang bombay seperti ciuman koki dalam salad atau semur, jadi mengapa tidak menanamnya? Punya ambang jendela dapur yang cerah? Itu cukup! 

Baca Juga: 7 Buah dan Sayur yang Kulitnya Aman Dimakan, Mengandung Lebih Banyak Nutrisi

5. Mizuna

Anda pasti pernah mencoba sawi kan? Nah, sepupu Jepangnya memiliki sentuhan rasa yang pasti Anda sukai di hidangan dan salad Anda! Ruang tidak menjadi masalah, karena Anda bisa menanamnya di pot dangkal berukuran 8-10 inci!

6. Pakcoy

Pok choy adalah pilihan para juara, dan ada alasannya! Ini mengandung begitu banyak nutrisi! Untuk mendapatkan lebih banyak daun lezat, berkonsentrasilah untuk mendapatkan pot yang lebih lebar dan juga dangkal, sehingga tanaman memiliki semua ruang untuk tumbuh lebar lebih banyak dedaunan untuk dipanen!

7. Labu 

Ya, ini adalah pilihan yang bagus untuk pot dangkal, selama Anda bisa memasang teralis atau struktur pendukung apa pun seperti bambu, atau pipa plastik untuk memanjatnya. Dan ya, ia menyukai sinar matahari, jadi pilihlah tempat yang paling cerah!

Baca Juga: Daun Tanaman Hias Indoor jadi Hitam? Ketahui Penyebab dan Solusinya

Saat menanam sayuran dengan akar dangkal, menjaga kelembapan tanah yang cukup sangatlah penting karena media tanam dalam pot dangkal cepat kering. Jadi ya, jagalah media tanam sedikit lembab sepanjang waktu.

Pemantauan berkala terhadap hama dan penyakit, serta sinar matahari yang cukup (5-6 jam langsung) juga merupakan faktor penting yang harus diperhatikan saat menanam sayuran berakar dangkal di dalam pot.

Nah itulah beberapa sayuran mudah ditanam di pot kecil yang dapat Anda jadikan referensi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News