Keluarga

Begini Cara Membuat Rumah Tetap Terasa Sejuk saat Udara Panas Tanpa AC

Begini Cara Membuat Rumah Tetap Terasa Sejuk saat Udara Panas Tanpa AC

MOMSMONEY.ID - Cara menjaga rumah tetap terasa sejuk saat udara panas tanpa AC semakin penting saat ini. Dengan ada perubahan iklim yang meningkat, hal ini menambah dampak negatif pada Bumi. 

Saat ini, yang secara langsung Anda rasakan dampaknya adalah suhu di rumah Anda yang meningkat drastis. Baik bagi Anda yang tinggal di iklim hangat maupun di wilayah dengan iklim dingin. 

Untuk mengatasinya, Anda sebaiknya mengetahui cara membuat rumah terasa sejuk saat udara panas tanpa bantuan AC. Jika Anda memiliki rumah dua tingkat atau lebih, cara ini akan lebih sulit.

Cara ini juga akan cukup menantang bagi Anda yang tinggal di wilayah beriklim dingin. Sebab, rumah di wilayah ini biasanya memiliki aliran udara yang minim. 

Baca Juga: 10 Cara Bikin Kamar Mandi Anda Harum Sepanjang Hari

Melansir Real Homes, ini cara membuat rumah tetap terasa sejuk saat udara panas tanpa bantuan AC:

1. Buat kipas angin Anda bekerja

Saat Anda memiliki AC di rumah, tentu Moms tinggal menyalakan AC saat udara di luar semakin panas. Namun, bagaimana dengan Anda yang bergantung pada kipas angin?

Anda bisa menggunakan dua kipas angin di dalam rumah. Kipas angin pertama letakan di lantai yang bisa mendorong udara yang lebih dingin ke rumah. Kemudian, letakan kipas angin kedua menghadap jendela yang terbuka untuk membuang udara hangat di dalam rumah. 

2. Buka jendela hanya saat udara mulai dingin

Saat udara di luar mulai dingin, buka jendela dan ventilasi untuk membuat aliran udara di rumah semakin lancar. Anda bisa membukanya saat pagi hari. 

Sedang saat udara di luar sedang panas, usahakan untuk tidak membiarkan udara di luar masuk ke dalam rumah. Membuka jendela saat udara di luar panas akan membuat udara di dalam rumah ikut panas. 

Baca Juga: 10 Aturan Feng Shui yang Perlu Anda Ketahui Saat Menjual Rumah

3. Buka pintu di saat yang tepat

Sama halnya dengan membuka jendela. Sebaiknya, Anda tidak membuka pintu terluar rumah Anda saat udara di luar terasa panas.

Tapi, jika Anda tinggal di rumah yang tidak memiliki rancangan desain terbuka, tetap buka pintu yang ada di dalam rumah untuk meningkatkan aliran udara. Terutama, jika memungkinkan untuk membuka jendela. 

4. Tutup semua penutup jendela Anda

Pasang gorden atau tirai di jendela rumah Anda. Nah, pada siang hari yang terik Anda bisa menutup gorden atau tirai Anda. Ini adalah cara yang tepat untuk menghalangi cahaya matahari masuk ke rumah. 

Meskipun cahaya matahari bisa memberikan efek positif seperti menghilangkan kelembapan di rumah, cahaya sama dengan panas. Saat cuaca panas ekstrem, jaga rumah Anda tetap teduh dengan menutup semua penutup jendela. 

Baca Juga: Cara Membuat Kamar Mandi Terasa Nyaman, Perhatikan Elemen Ini

5.  Kurangi penggunaan peralatan elektronik yang besar

Anda saat ini perlu bijak menggunakan peralatan elektronik besar yang menghasilkan panas. Kurangi frekuensi menggunakan microwave, mesin pencuci piring, dan mesin cuci.

Jika sangat dibutuhkan pilih siklus yang paling rendah dan gunakan saat udara di luar dingin, sehingga Anda tidak perlu menjebak panas di dalam rumah. 

6. Ganti lampu lama Anda

Sesederhana mematikan lampu saat tak digunakan akan membuat ruangan Anda terasa lebih sejuk. Tapi, menggunakan lampu dengan tingkat efisiensi listrik yang tinggi juga cepat mengurangi panas.

Jadi, untuk ruangan yang ingin selalu Anda nyalakan lampunya, gunakan lampu yang lebih hemat energi. 

Itu tadi 6 cara membuat rumah Anda terasa lebih sejuk saat udara panas ekstrem melanda Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News