Santai

Mudik, Begini Cara Menyimpan Bahan Makanan Agar Tetap Awet

Mudik, Begini Cara Menyimpan Bahan Makanan Agar Tetap Awet

MOMSMONEY.ID - Sebentar lagi hari raya Idul Fitri akan tiba. Tentunya, banyak orang yang sudah bersiap-siap mudik atau berlibur. Nah, yang jadi persoalan adalah saat meninggalkan rumah, terkadang bahan makanan pun harus ditinggal dan akhirnya cepat basi dan rusak jika tidak disimpan dengan benar.

Nah, Titipku pun memberikan berbagai cara menyimpan bahan makanan agar tetap awet saat ditinggal mudik. Caranya antara lain:

1. Membuat persediaan makanan yang cukup
Sebelum berangkat, penting untuk memastikan bahwa persediaan makanan yang Anda miliki cukup untuk beberapa hari setelah Anda kembali dari mudik. Ini mengingat biasanya pasar tutup saat dan setelah Idul Fitri. Namun, bahan makanan ini secukupnya saja untuk sehari atau dua hari, sehingga bahan makanan yang disimpa tidak berlebihan.

2. Menggunakan wadah penyimpanan kedap udara
Anda harus menggunakan wadah yang kedap udara ketika menyimpan bahan makanan. Ini untuk menjaga makanan tetap segar lebih lama. Misalnya, menggunakan kantong plastik yang dapat diikat erat atau kotak penyimpanan dengan tutup yang kedap udara. Penutupan wadah yang rapat juga menghindari bahan makanan dihinggapi lalat atau kutu.

Baca Juga: Inilah 5 Kandungan Skincare untuk Melindungi Kulit dari Paparan Polusi

3. Menyimpan bahan makanan di tempat sejuk dan kering
Simpanlah bahan makanan di tempat yang sejuk dan kering seperti kulkas ataulemari es.  Jangan lupa mengatur suhu dalam kulkas tepat dan cukup dingin. Untuk bahan makanan yang tidak perlu disimpan di dalam kulkas, pastikan disimpan di tempat yang teduh dan jauh dari sinar matahari langsung.

4. Memisahkan bahan makanan yang mudah rusak
Anda juga harus memastikan menyimpan bahan makanan yang mudah rusak, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Bahan makanan ini cenderung cepat rusak jika disimpan dengan bahan makanan lain. Bahan makanan yang mudah rusak ini pun harus disimpan secara terpisah dalam wadah yang kedap udara.

5. Mengurangi penggunaan bahan makanan segar
Sebaiknya Anda mencoba mengonsumsi atau memasak bahan makanan yang segar sebelum berangkat. Ini bertujuan agar bahan yang sudah Anda beli tidak terbuang sia-sia. Ingat, bahan makanan segar lebih cepat busuk daripada bahan makanan beku atau makanan kaleng. Sementara, bahan makanan yang telah dimasak seperti makanan kaleng atau makanan beku dapat lebih tahan lama dan lebih mudah disimpan.

Karena itu, sebaiknya Anda membeli makanan beku atau makanan kaleng sebelum berangkat mudik untuk persiapan bahan makanan pasca-mudik.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menghindari pemborosan makanan dan memastikan ketersediaan makanan yang cukup ketika Anda kembali dari perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News