AturUang

Begini Cara Cek Tagihan Listrik Secara Mandiri lewat HP!

Begini Cara Cek Tagihan Listrik Secara Mandiri lewat HP!

MOMSMONEY.ID - Sekarang Moms bisa cek tagihan listrik bulanan secara mandiri dengan sistem online lewat HP lo!

PT PLN (Persero) memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mengecek tagihan listrik secara mandiri melaui HP. Khususnya bagi pelanggan postpaid atau pascabayar awal bulan menjadi waktu yang tepat untuk mengecek dan melakukan pembayaran tagihan listrik pemakaian bulan sebelumnya.

Baca Juga: Ada Tunggakan BPJS Kesehatan? Simak Cara Cek lewat HP dan Bayar lewat Cicilan

Cara cek tagihan listrik ini memudahkan Moms untuk tetap bisa menikmati fasilitas listrik dari PLN. Sebab jika terlambat bayar maka Moms bisa dikenakan denda dan didlakukan pemutusan sambungan listrik. Lalu bagaimana cara cek tagihan listrik bagi pelanggan postpaid?

Para pelanggan kini tak perlu lagi menunggu petugas PLN mengirimkan tagihan secara manual. Para pelanggan bisa langsung mengakses PLN Mobile untuk mengecek tagihan listrik yang harus dibayar.

Cara pertama  cek tagihan listrik yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi PLN Mobile dan melakukan pendaftaran akun dengan mengisi nama lengkap, ID Pelanggan atau nomor meter, lokasi, nomor HP, email dan password. Jika di satu rumah Anda ada beberapa nomor meter, Anda bisa menambahkannya dalam satu akun ini. 

Jika sudah, begini langkah cara cek tagihan listrik

  1. Pilih menu “Kelistrikan” Pilih ID Pelanggan yang ingin Anda periksa
  2. Silakan klik informasinya dan akan muncul tagihan

Baca Juga: Pemilu 2024, Ini Hal yang Diperhatikan Mahasiswa dalam Kampanye di Media Sosial

Cara cek tagihan listrik melalui HP ini sangat mudah, bukan? Selain bisa cek tagihan listrik Anda juga bisa cek jatuh tempo pembayaran. Nah jika ingin membayar, maka lakukan langkah di bawah ini!

Begini cara bayar tagihan listrik di HP melalui PLN Mobile

  1. Pilih menu “Kelistrikan” Pilih ID Pelanggan yang ingin Anda periksa
  2. Silakan klik informasinya dan akan muncul tagihan
  3. Klik Bayar Sekarang
  4. Pilih Daftar Tagihan yang ingin Anda bayar kemudian klik Pilih Tagihan
  5. Akan muncul detil tagihan pilih Lanjutkan Pembayaran Muncul halaman pembayaran, Pelanggan dapat memilih metode pembayaran dengan pilih  Ganti Metode Pembayaran. 
  6. Apabila sudah memilih metode pembayaran, pilih Bayar Akan tampil Batas Waktu Pembayaran, selesaikan pembayaran, apabila telah selesai, pilih Lihat Transaksi Saya, akan terhubung ke halamat riwayat transaksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News