Keluarga

Begini Cara Buang Sofa yang Sudah Tidak Terpakai Lagi

Begini Cara Buang Sofa yang Sudah Tidak Terpakai Lagi

MOMSMONEY.ID - Sofa lama yang sudah membosankan atau sudah tidak mau Anda pakai bisa dibuang. Namun, bagaimana cara buang sofa yang sudah tidak terpakai lagi?

Sofa adalah salah satu perabotan yang cukup besar dan merepotkan untuk di buang. Mengutip Better Homes and Gardens, sofa bukan benar-benar sampah sehingga Anda tidak bisa hanya meletakan di tempat sampah rumah dan berharap ada yang mengambilnya. 

Di Indonesia, beberapa daerah sudah memiliki layanan untuk menampung sofa lama Anda. Bagi daerah yang tidak memiliki layanan ini tentu akan sangat merepotkan.

Untungnya, ada banyak alternatif yang bisa Anda pertimbangkan untuk buang sofa yang sudah tidak Anda gunakan lagi.

Baca Juga: Begini Cara Mendesain Rumah Pakai Meja Kursi Vintage 2024!

Ini cara buang sofa yang sudah tidak terpakai lagi!

Hubungi layanan penjemputan sampah

Di beberapa daerah seperti Bandung dan Jakarta, Anda bisa menghubungi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Sampah yang menyediakan jasa angkut sampah besar. Maksimal Anda bisa membuang dua unit sampah besar. 

Di Wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi dan Sidoarjo Anda bisa menggunakan aplikasi pengelolaan sampah seperti Buangin. 

Menghubungi pusat daur ulang

Anda bisa menghubungi pusat daur ulang setempat, baik milik swasta maupun pemerintah jika ada. Tayakan apakah mereka bisa mengambil sofa tersebut dan syarat lainnya. 

Tukar atau jual sofa bekas

Sampah Anda bisa menjadi harta karun bagi orang lain. Apabila sofa Anda masih layak pakai, Anda bisa mencoba menjualnya kepada orang sekitar tempat tinggal Anda atau memasarkannya secara online. Saat ini, banyak orang yang mencari barang-barang bekas melalui Facebook. 

Baca Juga: Ini Rekomendasi 3 Web Series Korea Singkat Beragam Genre Wajib Ditonton

Donasikan sofa Anda

Untuk sofa yang sudah bosan Anda gunakan dan kondisinya masih bagus, sebaiknya donasikan. Mulai dari keluarga dan teman terdekat. Jika tidak ada yanng mau coba sumbangkan ke organisasi sosial. Mereka biasanya mau menerima sofa bekas yang masih layak pakai. 

Tukarkan sofa Anda

Saat akan membeli sofa baru demi mengganti sofa lama Anda, coba cari toko yang memiliki program membeli sofa lama Anda. Ada toko yang menerima semua merek sofa namun ada yang hanya menerima sofa mereka. Maka jadikan hal ini pertimbangan saat membeli sofa. 

Demikian cara buang sofa lama Anda yang sudah tidak terpakai lagi. Semoga informasi ino bermanfaat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News