Keluarga

Begini 2 Cara Alami Mengusir Lalat Buah di Rumah!

Begini 2 Cara Alami Mengusir Lalat Buah di Rumah!

MOMSMONEY.ID - Anda tidak perlu lagi merasa terganggu dengan kehadiran lalat buah jika sudah mengetahui 2 cara alami untuk mengusir hewan yang satu ini!

Jika Anda pernah berjalan di dapur dan secara tidak sengaja menghirup lalat buah yang berukuran kecil, Anda pasti tahu betapa menyebalkannya lalat buah terutama di musim panas. Melansir Love to Know, lalat buah tertarik pada buah yang matang, sampah, saluran air atau areal lembab dan kotor lainnya. 

Baca Juga: Yuk Cek 9 Makanan Sehat untuk Diet Pemula, Pilih Sayuran dan Buah Ini

Nah sayangnya saat musim panas inilah kita bisa mengonsumsi buah dengan kualitas terbaik. Adapun dengan ukuran badannya yang kecil, di saat yang bersamaan dengan sangat mudah lalat buah ini masuk ke rumah Anda dan mengganggu ketenangan Anda di rumah. 

Lalu, bagaimana cara mengusir lalat buah di rumah secara alami? 
Cuka apel
Anda bisa menggunakan cuka apel yang membuat lalat buah tertarik. Berikut peralatan dan bahan yang perlu Anda siapkan:
Mangkuk atau cangkir

  • Cuka apel
  • Buah lama yang sudah dipotong-potong
  • Penyaring kopi atau bungkus plastik
  • Karet gelang
  • Tusuk gigi

Cara mengusir lalat buah secara alami dengan cuka apel adalah tuangkan dua tutup botol cuka apel ke mangkuk atau wadah yang sudah Anda siapkan. Kemudian masukan beberapa potong buah dan gunakan saringan atau plastik di atas mangkuk. 

Lalu, gunakan karet gelang untuk menahan saringan dan plastik. Setelah itu lubangi plastik atau saringan kopi dengan tusuk gigi. Setelah itu tinggalkan di satu tempat dan tunggu. Anda akan segera melihat lalat buah terjebak di dalamnya. 

Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam cuka apel. Gunakan cairan sabun cuci piring ini sebagai pengganti potongan buah. Kemudian masukan campuran keduanya ke microwave selama satu menit. Setelah itu kocok sabun cuci piring dan cuka kemudian diamkan di meja dapur. 

Baca Juga: Cek 7 Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami beserta Jenisnya

Gunakan buah yang sudah hampir busuk
Anda bisa mengurangi sampah makanan dan menggunakan botol bir lama Anda untuk menjebak lalat buah. Anda hanya membutuhkan buah yang sudah matang bahkan hampir busuk yang sudah dipotong dengan sebotol bir. 

Cara mengusir lalat buah secara alami dengan buah adalah siapkan botol bir yang masih memiliki sedikit sisa bir di bagian dalamnya. Kemudian masukan potongan buah ke dalam botol dan diamkan. 

Apabila tidak memiliki botol bir, Anda bisa hanya menggunakan buah yang sudah sangat matang dan hampir busuk saja. Cukup potong kecil buah tersebut dan letakkan di mangkuk. Kemudian tutup mangkuk dengan plastik dan ikat dengan karet gelang. Kemudian bolongi dengan tusuk gigi. 

Demikian cara alami mengusir lalat buah di rumah Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News