HOME, Keluarga

Beberapa Cara Efektif untuk Mengenalkan si Kecil tentang Uang sejak Dini

Beberapa Cara Efektif untuk Mengenalkan si Kecil tentang Uang sejak Dini

MOMSMONEY.ID - Dalam hal mengajarkan keuangan kepada anak-anak, tidak ada istilah waktu yang terlalu cepat. Idealnya, usia sekolah dasar merupakan waktu yang tepat untuk melatih kesadaran anak tentang uang karena pada usia tersebut anak-anak sedang belajar penjumlahan, pengurangan, dan konsep matematika dasar lainnya.

Supaya tidak terlambat, ada beragam cara yang bisa dilakukan oleh para orang tua untuk mengenalkan sekaligus menanamkan kepedulian tentang uang kepada anak-anak mereka sedini mungkin.

Dari banyaknya cara yang ada, inilah 5 di antaranya sebagaimana dilansir dari Very Well Family.

Baca Juga: Bayi Menangis Terus, Coba Cara Ini untuk Menghentikannya

1. Mainkan game yang berhubungan dengan uang

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengenalkan anak tentang uang ialah dengan mengajak mereka memainkan game yang berkaitan dengan uang seperti monopoli. Alih-alih gadget, bermain monopoli tetap terasa menyenangkan dan tentunya bermanfaat bagi anak untuk belajar tentang uang dengan cara yang tidak membosankan.

Supaya semarak, Moms dapat mengajak seluruh anggota keluarga untuk ikut serta dalam permainan tersebut. Pastikan Moms mengarahkan anak ketika mereka merasa kebingungan dengan aturan permainan. Selalu ingat juga untuk menjelaskan peran uang dalam game monopoli yang sedang dimainkan.

2. Ajak anak berbelanja

Siapa sangka bahwa rutinitas rumah tangga biasa seperti pergi ke toko kelontong atau supermarket dapat mengajarkan anak-anak tentang peran uang dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak sekadar mengajak berbelanja, Moms dapat memberi tahu anak perihal anggaran belanja dan meminta bantuan mereka untuk mencarikan barang-barang yang dibutuhkan.

Ketika berbelanja, Moms juga bisa membekali kalkulator pada anak-anak berusia 9 atau 10 tahun untuk mereka belajar menghitung total biaya yang telah Moms keluarkan untuk sekali belanja sekaligus mengetahui apakah ada uang belanja yang tersisa atau tidak.

3. Dorong anak untuk menabung

Untuk mulai mengajarkan anak supaya terbiasa menabung, Moms dapat menyediakan celengan dengan bentuk yang lucu dan menarik sebagai tempat penyimpanan uang mereka. Atau, Moms dapat membiarkan si kecil memilih sendiri celengan mana yang membuat mereka tertarik.

Tak hanya mengandalkan satu celengan, Moms bisa menyediakan beberapa celengan berbeda dengan peruntukkan yang berbeda pula. Misalnya, celengan 1 untuk tempat anak menabung, celengan 2 untuk tempat anak mengumpulkan uang belanja, dan celengan 3 untuk tempat anak menyumbang.

Dengan begitu, anak-anak akan terlatih untuk mengelola keuangan secara terpisah sesuai kebutuhan masing-masing.

4. Ajak anak ke bank

Mengajak anak pergi ke bank dan membuka rekening baru untuk mereka merupakan kesempatan yang baik untuk menerapkan konsep keuangan yang lebih maju sedari dini.

Membawa anak untuk ikut serta dalam proses pembukaan tabungan di bank akan mengajarkan mereka untuk mengerti bahwa uang yang mereka miliki bisa tumbuh dengan aman di bank daripada harus terus-menerus disimpan di dalam celengan.

5. Berikan contoh yang baik

Dalam proses mengasuh anak, tingkah laku orang tua tentu sangat berpengaruh terhadap kesuksesan dari pengasuhan itu sendiri. Dan, perilaku Moms perihal keuangan akan menjadi contoh bagi anak-anak dalam hal yang sama.

Tunjukkanlah perilaku yang transparan dan tidak boros dalam pengelolaan keuangan rumah tangga kepada anak-anak supaya mereka dapat mencontohnya dan menganggap bahwa perilaku demikian memang dibenarkan.

Selain itu, Moms juga harus menekankan bahwa uang bukanlah satu-satunya sumber kebahagiaan karena beberapa hal paling berharga dalam hidup ini justru ketika bisa menghabiskan waktu bersama keluarga.

Moms, itulah 5 cara yang bisa dilakukan untuk mengenalkan anak-anak perihal uang sedari dini. Dengan menerapkannya sesegera mungkin, itu artinya Moms sedang membantu si kecil untuk sadar keuangan di usia muda yang tentunya akan berguna hingga mereka dewasa.

Selanjutnya: Ada Banyak Manfaat buat Kesehatan, Mulai Sekarang Biasakan Anak Anda untuk Sarapan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News