BisnisYuk

Bangun Bisnis Berkelanjutan, Danone Indonesia Raih Sertifikasi B Corp

Bangun Bisnis Berkelanjutan, Danone Indonesia Raih Sertifikasi B Corp

MOMSMONEY.ID - Terus tunjukkan konsistensi dalam membawa kebaikan untuk masyarakat dan lingkungan lewat bisnisnya, Danone Indonesia yang terdiri Danone-AQUA dan Danone Specialized Nutrition Indonesia berhasil mendapatkan sertifikasi B Corporation atau B Corp dengan nilai 98.6.

B Corp adalah sertifikasi untuk perusahaan yang memenuhi standar tinggi dalam hal kinerja sosial dan lingkungan secara keseluruhan, transparansi dan akuntabilitas, yang diberikan oleh B Lab, sebuah lembaga non profit yang fokus mendorong perusahaan profit untuk meningkatkan dampak positif dari kegiatan usahanya, menjadikan sebuah bisnis sebagai kekuatan untuk kebaikan.

Tahun ini, Danone Indonesia berhasil melebarkan sertifikasi B Corp untuk kategori Specialized Nutrition. Sedangkan, pada 2018 dan 2021, Danone-AQUA telah berhasil mendapatkan sertifikasi B Corp dengan peningkatan  dan menjadi FMCG pertama di Indonesia yang berhasil mendapatkan sertifikasi bergengsi ini.

Laurent Boissier, CEO Danone Indonesia, menjelaskan, sejalan dengan ambisi Danone Impact Journey (DIJ), Danone Indonesia berkomitmen meningkatkan dampak positif dari kegiatan bisnisnya, terutama dalam bidang kesehatan, lingkungan dan komunitas serta transparansi tata kelola. Keberhasilan Danone Indonesia meningkatkan skor  setiap kali mendapatkan sertifikasi B Corp  sejak 2018-2024, menjadi bukti nyata komitmen tersebut.

“Melalui pencapaian ini, Danone Indonesia sebagai negara yang penting bagi Danone, berkontribusi mendukung ambisi global Danone untuk menjadi 100% B Corp Certified pada tahun 2025,” papar Laurent.

Baca Juga: Danone Perkuat Kolaborasi dengan Ekosistem Pesantren

Saat ini, Indonesia mengalami tantangan kompleks yang meliputi berbagai aspek, seperti aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Data BPS  menunjukkan, 9,79% penduduk Indonesia termasuk golongan penduduk miskin, sementara itu kesenjangan sosial semakin nyata, di mana saat ini tingkah ketimpangan pengeluaran penduduk Indonesia (rasio gini) sebesar 0.379.

Masyarakat Indonesia juga dihadapkan fakta bahwa Indonesia menjadi penghasil emisi karbon terbesar kedua, khususnya dari sektor alih fungsi lahan, hal ini tentunya mempengaruhi keberlangsungan hidup masyarakat dan makhluk hidup di dalamnya.

Thomas Ng, Executive Director B Lab South East Asia, menjelaskan bahwa dalam menjawab tantangan yang ada saat ini, dibutuhkan peran aktif dari berbagai pihak. Salah satunya industri dengan menjalankan bisnis yang tidak hanya berorientasi pada profit, namun menjalankan operasinya dengan bertanggungjawab dan berdampak positif.

Sertifikasi B Corp hadir untuk mengevaluasi bagaimana praktik bisnis berjalan secara keseluruhan dan mengukur bagaimana bisnis model yang dimiliki membawa dampak terhadap lingkungan dan masyarakat, seperti yang dilakukan oleh Danone Indonesia. 

"Kami juga melihat secara jelas bahwa Danone Indonesia memegang teguh dalam menggunakan kekuatan bisnis untuk kebaikan. Terbukti dari audit skor yg meningkat setiap tahunnya dan bagaimana kategori bisnis lainnya yakni Specialized Nutrition bergabung dalam perusahaan yang telah tersertifikasi B Corp,” kata Thomas.

Sebagai bagian dari evaluasi untuk mendapatkan sertifikasi B Corp, B Lab selaku organisasi nirlaba yang melakukan sertifikasi memberikan penilaian pada 5 aspek, meliputi Community, Environment, Customers, Governance, dan Workers. Kelima pilar ini sejalan dengan target dari pemerintah untuk mencapai target keberlanjutan dalam Sustainable Development Goals (SDGs).

Di aspek Community, Danone Indonesia telah merangkul 15.000 Mitra Model Distribusi Mikro AQUA Home Service (AHS) yang Inovatif, mendukung 10.000+ Usaha Kecil dan Menengah (UMKM), hal ini dijalankan untuk turut mengembangkan ekonomi masyarakat yang sejalan dengan target pemerintah dalam menciptakan sebanyak 1 juta wirausaha pada tahun 2024.

Baca Juga: AQUA Dukung Penerapan Ekonomi Sirkular di Kalimantan Timur

Dalam proses produksi, keberlanjutan dan kelestarian lingkungan menjadi prioritas Danone Indonesia, hal ini diwujudkan dengan menjalankan model bisnis guna ulang, menggunakan energi baru terbarukan (EBT) melalui boiler biomassa  dan  Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap panel surya di beberapa pabriknya di Indonesia yang sejalan dengan target pemerintah untuk Net Zero Emission pada tahun 2060.

Selain Sertifikasi, B Corp juga merupakan sebuah gerakan dan aktif membangun komunitas sejak tahun 2018. Di Indonesia terdapat 27 perusahaan tersertifikasi B Corp, yang terdiri dari berbagai industri dengan tujuan yang sama, yaitu turut berkontribusi dan menjalin kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan seperti pemerintah, konsumen, masyarakat dan lembaga nirlaba untuk menjawab dan menyelesaikan tantangan yang kini dihadapi masyarakat.

B Corp juga membangun komunitas sejak tahun 2018. Di Indonesia terdapat 25 perusahaan bersertifikasi B Corp, yang terdiri dari berbagai industri dengan tujuan yang sama, yaitu turut berkontribusi dan menjalin kolaborasi dengan pemerintah dan lembaga nirlaba untuk menjawab dan menyelesaikan tantangan yang kini dihadapi masyarakat.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi kesenjangan, menurunkan tingkat kemiskinan, menciptakan lingkungan yang lebih sehat, komunitas yang lebih kuat, dan menciptakan lebih banyak pekerjaan berkualitas tinggi yang bermartabat dan bertujuan.

Baca Juga: Ekonomi Sirkular Aqua Terkait Kemasan Minuman

Sertifikasi B Corp untuk berbagai industri secara global, juga sejalan dengan terwujudnya Sustainable Development Goals (SDGs) sebagai acuan mencapai masa depan yang lebih baik dan lebih berkelanjutan bagi semua orang.

Dengan memanfaatkan kekuatan bisnis, B Corp menggunakan laba dan pertumbuhan sebagai sarana untuk mencapai tujuan yang lebih besar: memberikan dampak positif bagi karyawan, komunitas, dan lingkungan mereka.

“Sertifikasi B Corp akan menjadi motivasi dan penyemangat bagi Danone Indonesi dan karyawannya untuk terus berinovasi, berkolaborasi, dan menjadi inspirasi utnuk membangun bisnis yang lebih baik, berkelanjutan juga berdampak bagi masyarakat yang lebih luas," imbuh Laurent.

Selanjutnya: German Business Sentiment Rises, Giving Rare Boost to Ailing Economy

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News