Keluarga

Bagus untuk Pencernaan, Apakah Ibu Menyusui Boleh Minum Kombucha

Bagus untuk Pencernaan, Apakah Ibu Menyusui Boleh Minum Kombucha

MOMSMONEY.ID - Kombucha memberikan manfaat kesehatan yang sama seperti saat Anda meminum teh hitam atau teh hijau. Hanya saja, kombucha memberikan tambahan kesehatan probiotik. 

Namun, apakah kombucha aman jika dikonsumsi ibu hamil dan menyusui masih menjadi kontroversial. 

Kombucha adalah minuman fermentasi yang dibuat dari teh hitam atau teh hijau. Proses pembuatannya bermacam-macam, namun umumnya melalui dua proses fermentasi. 

Kombucha menggunakan bakteri bernama SCOBY yang ditempatkan pada teh manis dan difermentasi pada suhu kamar selama 1-2 minggu. Hasilnya, akan ada minuman berkarbonat dengan rasa manis dan sedikit asam. 

Baca Juga: 7 Buah Murah Pelancar ASI yang Bagus untuk Ibu Menyusui, Tak Perlu Biaya Mahal!

Kombucha cukup populer karena memiliki manfaat kesehatan, menjaid sumber probiotik yang baik bagi usus Anda dan bisa menguangi peradangan sistemik.

Lalu apakah ibu menyusui boleh minum kombucha?

Proses fermentasi teh kombucha menghasilkan produksi alkohol dalam jumlah kecil. Meski bertuliskan non-alkohol, tetap saja mengandung alkohol namun tidak lebih dari 0,5%.

Melansir Healthline, ini yang perlu menjadi pertimbangan, semua jenis alkohol dianggap berbahaya untuk tubuh. Apalagi alkohol dapat masuk ke dalam ASI jika dikonsumsi ibu menyusui. 

Secara umum tubuh Anda membutuhkan 1-2 jam untuk memetabolisme satu porsi alkohol (setara 12 ons bir dan 5 ons wine). Oleh karena itu, sebaiknya beri jeda 1-2 jam setelah mengonsumsi kombucha. 

Baca Juga: Apakah Kolesterol Tinggi pada Ibu Hamil Berbahaya? Yuk Intip Ulasannya

Selain itu, kombucha juga mengandung kafein, yang bisa juga ada di dalam ASI. Jika Anda menyusui dan ada kafein di dalam ASI ini bisa membuat bayi Anda sulit tidur. 

Jika Anda ingin menambahkan kandungan probiotik selama masa menyusui, cobalah ganti menggunakan yogurt atau kefir.

Mengutip Medicinet, para dokter juga menyarankan ibu menyusui untuk menghindari minum kombucha karena kandungan alkoholnya bisa mencapai 3%. Bahkan kandungan alkoholnya bisa meningkat semakin lama Anda meminumnya. 

Jika Anda ingin tetap minum kombucha saat menyusui batasi jumlah konsumsi. Serta, hindari menyusui bayi hingga beberapa jam setelah meminum kombucha. 

Selanjutnya: Menperin: GIIAS Bukti Komitmen Industri Otomotif Tampilkan Inovasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News