Keluarga

Awas Jerawatan! Ini 5 Efek Menggunakan Pelembab Secara Berlebihan

Awas Jerawatan! Ini 5 Efek Menggunakan Pelembab Secara Berlebihan

MOMSMONEY.ID - Bisa merugikan kulit, inilah 5 efek menggunakan pelembab secara berlebihan.

Penggunaan pelembab secara berlebihan ternyata tidak disarankan lho, Moms. Pasalnya, hal ini bisa menyebabkan over moisturizing. Over moisturizing sendiri sebagaimana dikutip dari Boost Balm merupakan kondisi di mana kulit begitu lembab akibat penggunaan produk pelembab yang terlalu banyak.

Over moisturizing juga dapat terjadi ketika kita terlalu berlebihan dalam menggunakan produk pelembab yang memiliki tekstur kental atau formula yang berat.

Ketika kulit mengalami over moisturizing, itu berisiko merusak skin barrier sekaligus produksi sebum serta rentan menyebabkan berbagai masalah kulit.

Dilansir dari healthshots.com, ada setidaknya 5 efek menggunakan pelembab secara berlebihan. Apa sajakah itu? Inilah penjelasannya!

Baca Juga: 6 Cara Menggunakan Body Lotion yang Benar Agar Kulit Cepat Cerah

1. Pori-pori tersumbat

Efek menggunakan pelembab secara berlebihan yang pertama yaitu pori-pori tersumbat.

Pori-pori yang tersumbat merupakan tanda paling jelas dari penggunaan pelembab secara berlebihan.

Saat Anda terlalu banyak mengaplikasikan pelembab atau menggunakan pelembab yang memiliki formulasi berat, itu rentan menyumbat pori-pori dan bisa berakhir menjadi komedo putih maupun komedo hitam.

2. Kulit menjadi berjerawat atau breakout

Efek menggunakan pelembab secara berlebihan yang kedua yaitu kulit menjadi berjerawat atau breakout.

Menggunakan pelembab secara berlebihan dapat menyebabkan jerawat atau breakout pada kulit. Anda perlu tahu bahwa kulit Anda akan menyerap apapun yang dibutuhkan.

Adapun produk pelembab yang berlebihan akan menciptakan lapisan yang berminyak di atas permukaan kulit wajah Anda. Lapisan berminyak ini bisa menarik kotoran serta bakteri yang kemudian menumpuk di pori-pori dan menyebabkan jerawat.

3. Merusak produksi sebum

Efek menggunakan pelembab secara berlebihan yang ketiga yaitu merusak produksi sebum.

Jika tipe kulit Anda adalah berminyak, kebiasaan menggunakan pelembab secara berlebihan justru bisa memicu tubuh untuk memproduksi lebih banyak minyak.

Ini artinya, penggunaan pelembab yang berlebihan akan memberikan kulit Anda lebih banyak jerawat dan komedo.

Baca Juga: Apa yang Terjadi Jika Gula Darah Rendah?

4. Membuat kulit menjadi kering

Efek menggunakan pelembab secara berlebihan yang keempat yaitu membuat kulit menjadi kering.

Meski kedengarannya aneh atau kontras, faktanya penggunaan pelembab secara berlebihan bisa membuat kulit menjadi kering.

Selain itu, penggunaan pelembab yang berlebihan juga dapat membuat kulit Anda menjadi sensitif dan kusam.

5. Menimbulkan benjolan kecil di seluruh wajah

Efek menggunakan pelembab secara berlebihan yang kelima yaitu menimbulkan benjolan kecil di seluruh wajah.

Benjolan kecil atau small bump termasuk gejala umum dari kebiasaan menggunakan pelembab secara berlebihan. Sering kali, benjolan kecil akibat penggunaan pelembab yang berlebihan disertai dengan kemerahan, iritasi, dan/atau ruam.

Jadi, jika wajah Anda mendadak dipenuhi dengan benjolan-benjolan kecil, coba ingat-ingat kembali apakah selama ini Anda kerap menggunakan pelembab secara berlebihan atau tidak.

Moms, itulah 5 efek menggunakan pelembab secara berlebihan. Untuk menghindari kelima permasalahan di atas, pastikan untuk mengaplikasikan pelembab secukupnya saja setiap habis mencuci muka. Sebisa mungkin, hindarilah teknik layering dalam menggunakan pelembab dan pilihlah produk pelembab dengan formula yang ringan bagi kulit supaya tidak terjadi over moisturizing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News