Keluarga

Atasi Gejala Terkena Racun Tanaman, Ini Manfaat Menggunakan Sabun Saat Berkebun

Atasi Gejala Terkena Racun Tanaman, Ini Manfaat Menggunakan Sabun Saat Berkebun

MOMSMONEY.ID -  Ternyata menggunakan sabun batang saat berkebun memiliki banyak manfaat. Salah satunya bisa mengatasi gejala terkena racun tanaman. 

Melansir House Digest, saat Anda meletakkan sabun batang di kebun Anda akan banyak mendapatkan manfaat. Mulai dari dari mengatasi kulit yang terkena racun tanaman hingga masalah peralatan berkebun Anda. 

Menggunakan sabun batang saat berkebun juga bisa menghemat pengeluaran Anda untuk merawat peralatan berkebun yang sering bermasalah. Yuk intip apa saja manfaat menggunakan sabun batang saat berkebun!

Baca Juga: Begini Cara Bikin Sweater Tidak Mudah Menyusut, Pakai Conditioner

1. Mengatasi gatal dan ruam karena racun tanaman

Satu lagi manfaat meletakkan sabun batang di kebun Anda, yaitu untuk mengatasi ruam dan gatal karena terkena racun tanaman salah satunya poison ivy. Melansir SehatQ, poison ivy merupakan tanaman yang getahnya mengandung minyak urushiol yang menyebabkan reaksi alergi dan ruam jika terkena kulit. 

Sabun batang dapat membantu Anda mengatasi ruam gatal yang semakin membesar. Sebab sabun mampu menghilangkan minyak tumbuhan beracun tersebut. 

Jika Anda terkena racun tanaman sebaiknya gunakan busa sabun untuk membersihkan kulit yang terkena. Jangan langsung menggosoknya. Kemudian bersihkan juga semua area di bawah kuku dan seluruh alat berkebun Anda yang bersentuhan dengan tanaman tersebut. Setelah itu Anda harus segera mandi. 

2. Membersihkan tanaman Anda
Tanaman bisa dengan sangat mudah kotor apalagi terletak di luar ruangan. Jika Anda menemukan tanaman kotor, bersihkan dengan sabun batang. 

Membersihkan tanaman tidak hanya membuat tanaman Anda jadi lebih sehat. Namun membersihkan tanaman secara rutin juga bisa membuat tampilan mereka lebih segar.

Caranya, lap daun dengan busa dari sabun batang Anda menggunakan kain lembut. Kemudian keringkan dengan kain mikrofiber yang kering dan bersih. Ini juga membantu Anda mencegah serangan hama lo!

3. Membersihkan pot sebelum digunakan kembali

Manfaat lain dari sabun batang adalah bisa Anda gunakan untuk membersihkan pot tanaman. Meski mungkin Anda sering kali tidak pernah membersihkan pot saat akan menanam dengan tanaman baru. 

Padahal membersihkan pot sebelum ditanami kembali sangatlah penting. Sebab pot juga bisa terkontaminasi jamur jika tanaman mati karena akar membusuk. Pot juga bisa menimbun garam terutama jika menggunakan pot tanah liat. 

4. Membersihkan peralatan berkebun
Sangat penting untuk membersihkan peralatan berkebun setiap Anda selesai menggunakannya. Cara ini dapat mencegah serangga atau penyakit dari satu tanaman menyebar ke tanaman lainya. 

Membersihkan peralatan berkebun dengan sabun batang juga bisa membantu mencegah alat menjadi kusam atau berkarat. Cara membersihkannya pun cukup mudah. 

Baca Juga: Periksa 4 Cara Tethering HP ke Laptop via Android dan iPhone bagi Pemula

Ambil ember yang sudah terisi dengan air dan ambil sabun batang Anda. Pertama, lap terlebih dulu peralatan berkebun Anda. Kemudian sabuni peralatan Anda dan lap saat sudah selesai membilas supaya tidak berkarat. 

5. Bisa menjadi pelumas peralatan kebun Anda
Sabun batang juga bermanfaat untuk menjadi pelumas peralatan berkebun Anda. Sementara minyak sering disarankan untuk jadi pelumas, Anda juga bisa menggunakan sabun. 

Cara menggunakannya pun mudah. Gosokkan sabun batang kering ke bilah salat pemotong Anda yang macet. Sabun Akan meninggalkan lapisan tipis yang membuat peralatan Anda jadi lebih mudah digunakan. 

Demikian 5 manfaat menggunakan sabun batang saat berkebun. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News