Bugar

Apakah Benar Terong Menyebabkan Asam Urat dalam Tubuh? Ungkap Faktanya, yuk!

Apakah Benar Terong Menyebabkan Asam Urat dalam Tubuh? Ungkap Faktanya, yuk!

MOMSMONEY.ID - Mari ungkap faktanya! Apakah benar terong menyebabkan asam urat dalam tubuh?

Asam urat adalah masalah kesehatan yang cukup umum, terutama di kalangan orang dewasa. Banyak yang percaya bahwa beberapa jenis makanan, termasuk terong, dapat memicu atau memperburuk gejala asam urat.

Baca Juga: 17 Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi saat Berusia 50 Tahun ke Atas

Namun, apakah benar terong menyebabkan asam urat dalam tubuh? Memang benar bahwa terong mengandung purin, tetapi jumlah purin dalam terong tergolong rendah.

Berdasarkan penelitian, hanya makanan yang mengandung purin tinggi yang berisiko meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Terong memiliki kandungan purin yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan makanan tinggi purin seperti jeroan, ikan sarden, atau daging merah.

Artinya, kebanyakan orang, termasuk penderita asam urat, bisa mengonsumsi terong tanpa perlu khawatir.

Baca Juga: Apakah Gatal-Gatal di Kulit Tanda Diabetes juga? Mari Ketahui Ulasannya di Sini

Melansir dari Dokter Sehat, terong ungu merupakan pilihan makanan rendah purin yang juga kaya akan protein dan berbagai mineral penting seperti kalsium, mangan, magnesium, zat besi, fosfor, seng, dan kalium.

Mineral-mineral ini sangat bermanfaat, terutama untuk penderita asam urat, karena membantu mengurangi nyeri sendi.

Kandungan magnesium, zat besi, dan mangan dalam terong ungu juga berperan dalam mengontrol kadar asam urat di sendi, sehingga dapat membantu meringankan gejala asam urat.

Terong bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan, seperti campuran sayuran atau sambal. Namun, sebaiknya hindari menggoreng terong dengan terlalu banyak minyak agar kandungan lemak dan kolesterol tetap rendah.

Baca Juga: Gula Darah Tinggi Harus Makan Buah Apa ya? Inilah Daftarnya

Jadi, apakah benar terong menyebabkan asam urat dalam tubuh? Jawabannya adalah tidak. Meskipun terong mengandung purin, jumlahnya tidak cukup tinggi untuk secara signifikan meningkatkan asam urat pada kebanyakan orang.

Namun, seperti pada makanan lainnya, yang penting adalah mengonsumsinya dengan bijak. Kecuali ada kondisi medis tertentu, terong seharusnya aman dikonsumsi oleh mereka yang berisiko terkena asam urat. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Tonton: Cara Membuat Ramuan Jahe Merah untuk Obati Asam Urat Info Sehat

Selanjutnya: Sedang Diet? Hirup 5 Minyak Esensial yang Ampuh Menurunkan Berat Badan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News