Keluarga

Apakah Benar Nanas Muda Bisa Mencegah Kehamilan atau Mitos?

Apakah Benar Nanas Muda Bisa Mencegah Kehamilan atau Mitos?

MOMSMONEY.ID - Cari tahu, benarkah mengonsumsi nanas mudah bisa mencegah kehamilan atau hanya sekadar mitos?

Nanas diyakini mengandung komponen yang menghambat proses pembuahan antara sperma dan sel telur di dalam rahim. Sehingga, kemungkinan terjadinya kehamilan menjadi rendah. 

Mengutip SH24, mengonsumsi nanas muda tidak bisa mencegah kehamilan. Jika Anda melakukan hubungan seksual tanpa pengaman dalam lima hari terakhir, Moms mungkin bisa mencegah kehamilan dengan menggunakan kontrasepsi darurat. 

Menurut laman KlikDokter, nanas mudah tidak bisa mencegah kehamilan. Ini hanyalah mitos belaka karena belum ada penelitian atau jurnal ilmiah yang mengatakan nanas mudah bisa mencegah kehamilan. 

Baca Juga: Cara Menaikan Hemoglobin yang Rendah Pada Ibu Hamil

Jika Anda pasangan yang sudah menikah dan masih ingin menunda kehamilan, sebaiknya cegah kehamilan dengan cara yang pasti. 

Misalnya, menggunakan perhitungan siklus haid setiap bulannya untuk menentukan masa subur, menggunakan kondom saat berhubungan seksual, mengonsumsi pil KB, melakukan suntik KB.

Kemudian, memasang implan hingga melakukan sterilisasi berupa operasi tubektomi pada wanita dan vasektomi pada pria.

Selain itu, banyak juga yang percaya jika nanas bisa mencegah kehamilan, maka nanas juga berbahaya bagi kehamilan. 

Baca Juga: Cara Menaikan Hemoglobin yang Rendah Pada Ibu Hamil

Padahal, melansir Healthline, nanas bisa jadi buah yang menyehatkan saat dikonsumsi selama masa kehamilan. Namun, mengonsumsi nanas terlalu banyak bisa memberikan gejala yang tidak nyaman bagi ibu hamil.

Nanas aman dan sehat dikonsumsi selama hamil. Nanas kerap dianggap sebagai buah yang berbahaya bagi ibu hamil karena dipercaya bisa menyebabkan keguguran.

Sejauh ini, tidak ada bukti ilmiah yang mengatakan nanas berbahaya bagi ibi hamil. 

Nanas mengandung enzim bromelain. Nah ,obat-obatan yang mengandung bromelain biasanya tidak direkomendasikan selama kehamilan. Sebab, enzim ini bisa memecah protein dalam tubuh dan menyebabkan kehamilan yang tidak normal 

Meskipun begitu, bromelain pada nanas sangatlah sedikit sehingga tidak berdampak besar pada kehamilan. 

Selanjutnya: Begini Cara Menata Dapur Kecil biar Rapi, Mudah, dan Efektif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News